SOLOPOS.COM - Ilustrasi tukang bangunan memasang bata ringan Blesscon. (Istimewa/Blesscon)

Solopos.com, SOLO — Bata ringan ternyata mempunyai banyak kelebihan yang bisa membuat bangunan menjadi lebih berkualitas.

Bahan bangunan yang mempunyai fungsi penting ini kerap disebut hebel. Perlu diketahui, bata ringan berbeda dengan bata merah maupun batako. Jika dilihat dari bahan bakunya, bata ringan terbuat dari silika, semen, gipsum, dan aluminium pasta.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Hal ini berbeda dengan bata merah yang mayoritas menggunakan bahan baku dari tanah liat yang dibakar dengan suhut tinggi. Namun, tidak semua tanah liat bisa digunakan, hanya yang terdiri dari kandungan pasir tertentu.

Hadir sebagai inovasi baru, bata ringan memiliki kelebihan yang tidak ditemukan di bata merah maupun batako. Apalagi jika Anda menggunakan bata ringan dari Blesscon yang menggunakan bahan baku premium. Berikut ini beberapa keunggulannya.

Kelebihan Bata Ringan

  1. Bobot yang Ringan

Sesuai dengan namanya, bata ringan atau hebel ini memiliki bobot yang ringan dibandingkan dengan bata merah maupun batako. Sehingga hal tersebut bisa mengurangi beban pada konstruksi pada bangunan. Untuk bata ringan Blesscon, bobotnya hanya 8-9 kg per pcs.

Selain itu, karena bobot yang ringan itu akan mempermudah dari segi pengiriman ke tangan konsumen.

  1. Tahan Air dan Panas

Kelebihan bata ringan lainnya adalah tahan dari air dan panas. Ketika dimasukkan ke dalam air, bata ringan tidak akan tenggelam. Sementara itu, karena bata ringan bersifat isolasi termal yang baik, bisa membuat udara di dalam ruangan jauh lebih dingin dan tidak terasa panas.

  1. Ukuran Lebih Besar

Dibandingkan dengan bata merah dan batako, bata ringan memiliki ukuran yang cencerung lebih besar sehingga bisa mempercepat pembangunan.

Untuk bata ringan Blesscon sendiri, tersedia ukuran standar 60 cm x 20 cm x 10 cm yang banyak diminati konsumen. Selain itu, ada dua ukuran lainnya, yakni 60 cm x 20 cm x 20 cm dan 60 cm x 20 cm x 7,5 cm.

  1. Kedap Suara

Kelebihan bata ringan lainnya adalah kedap suara. Apalagi jika Anda menggunakan bata ringan Blesscon dengan ukuran 60 cm x 20 cm x 20 cm, dijamin ruangan Anda semakin kedap suara. Hal ini dikarenakan semakin tebal bata ringan, semakin bisa meredam suara.

  1. Tahan Lama

Dari segi kualitas, bata ringan ternyata lebih tahan lama, apalagi jika Anda menggunakan bata ringan Blesscon.

Setelah dipasang, bata ringan memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan bata merah dan batako karena bahannya lebih tahan api, jamur, air, maupun panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya