SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelato. (TRAC)

Solopos.com, JAKARTA – Hidangan gelato tentu sudah tidak asing di lidah para pencinta es krim. Nah di Jakarta, ada sejumlah kedai gelato yang patut direkomendasikan.

Berbeda dengan es krim biasanya, gelato menggunakan komposisi susu yang lebih banyak ketimbang krim. Sehingga menghasilkan tekstur yang lebih padat dan rendah lemak.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Dalam bahasa Italia, gelato berarti beku. Ya, sajian satu ini memang merupakan kreasi dari susu dan krim yang dibekukan, ditambah dengan sirup atau gula sebagai pemanisnya.

Untuk menambah cita rasa, ada juga yang menambahkan gelato dengan berbagai topping seperti buah-buahan hingga kacang-kacangan.

Dahulu, gelato dikenal sebagai hidangan khas bangsawan, yang ditemukan oleh penduduk asli Florence, Italia, pada abad ke-16. Namun kini, gelato sudah mendunia dan bisa dinikmati oleh siapa saja yang menyukainya.

Di Indonesia sendiri, pecinta gelato cukup besar. Sehingga tak sulit untuk menemukan kedai yang menyajikan olahan es krim khas Negeri Pizza ini. Gelato jadi menu favorit anak muda, terlebih saat cuaca panas di musim kemarau.

Ada beberapa tempat di Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi untuk mencicipi gelato. Tempat-tempat ini dikenal karena sajian gelatonya yang unik, otentik, dan kaya akan rasa.

  1. Oma Elly

Rekomendasi kedai gelato pertama berada di wilayah pesisir Jakarta. Berlokasi di Jl Pantai Indah Utara 2, Kapuk Muara, Jakarta Utara, kedai gelato ini dikelola oleh seorang pastry chef bernama Andy Susanto.

Tak main-main, untuk menghadirkan cita rasa yang khas, Andy mempelajari langsung pembuatan gelato ke negeri asalnya. Maka tak heran, gelato di Oma Elly memiliki rasa yang otentik.

Sebagai rekomendasi, ada beberapa menu yang bisa Sobat TRAC coba dengan berbagai rasa. Seperti coklat, keju, kacang hingga buah-buahan.

Anda bisa mencoba menu Bacio (dark chocolate) dan Nutellove (nutella), atau Pistachio, Macadamia, hingga Hazelnut bagi pecinta kacang. Serta Mangga-Astaga (mangga), The BIG D’urian (durian), Genmaicha (matcha), dan Coco Loco (kelapa) bagi yang gemar dengan olahan buah.

Dengan cita rasa yang unik, harga gelato disini cukup ramah di kantong, yakni sekitar Rp27.000 hingga Rp 38.000, tergantung berapa scoop gelato yang dipesan.

  1. Lemondishcofish

Dari utara menyebrang ke kota gaul Jakarta. Yes, Jakarta Selatan (Jaksel). Berlokasi di Kemang Selatan, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, gerai gelato Lemondishcofish punya beberapa menu yang wajib dicoba. Mulai dari variasi reguler seperti vanila, coklat, dan stoberi hingga cita rasa yang identik dengan lidah Indonesia seperti teh botol, rujak, pandan, dan lainnya.

Untuk dapat menikmati sajian gelato disini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp39.000 untuk campuran dua rasa. Which is bakal bikin lidah bergoyang saat menyantapnya.

Oh ya, selain menyajikan cita rasa gelato yang unik, Lemondiscofish juga ditunjang dengan area kedai yang nyaman. Cocok banget jadi tempat nongkrong bareng kerabat akhir pekan nanti.

  1. Latteria Gelato

Jika menginginkan cita rasa yang lebih kuat, Sobat TRAC perlu mencoba gelato di sini. Ada beberapa menu yang bisa dicoba, yang identik dengan menu kombinasi beberapa rasa.

Seperti Grey Anatomy perpaduan earl grey dan hazelnut, Perfect Match yang merupakan kombinasi chamomile dan cherry, atau Gandalf the Grey campuran earl grey, green tea dan matcha cake.

Untuk harganya, Sobat TRAC perlu membayar Rp43.000 untuk single cup dengan pilihan dua rasa. Harga yang relatif cukup mahal memang. Tapi porsi yang diberikan juga cukup besar dari kedai gelato kebanyakan.

  1. Venchi

Jika penasaran dengan rasa gelato di negeri asalnya, Anda bisa datang ke Venchi yang merupakan kedai gelato recommended, otentik dari Italia, yang sudah buka sejak 1878, dan memiliki cabang yang telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Anda bisa menemukan Venchi di beberapa mal ternama di Jakarta. Seperti Plaza Indonesia, Senayan City, Pondok Indah Mall, hingga PIK Avenue.

Untuk menikmati sajian khas Italia ini, Sobat TRAC harus rela membayar lebih mahal. Untuk ukuran terkecil dengan dua rasa dibanderol seharga Rp70.000.

Namun, jika Anda menginginkan ukuran yang lebih besar, bisa juga pesan ukuran satu liter seharga Rp525.000. Meski mahal, cita rasa yang disajikan dijamin Numero Uno!

  1. Ragusa Es Italia

Bicara soal gelato dan es krim, kurang afdol rasanya jika tidak memasukan gerai es krim yang telah berdiri sejak 1932 ini. Awalnya, Ragusa dimiliki oleh dua orang bersaudara asli Italia, bernama Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa.

Namun pada 1970-an, Ragusa bersaudara memutuskan balik ke negara asalnya, dan mewariskan gerai Ragusa kepada salah satu karyawannya dan meneruskan bisnis es krim ini. Hingga bisa eksis sampai sekarang dan mendapat rekor MURI sebagai toko es krim tertua di tahun 2012.



Anda yang penasaran untuk mencicipi olahan es krim klasik ini, bisa datang ke gerai ragusa yang tinggal satu-satunya di Jakarta. Berada di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Ragusa Es Italia buka mulai jam 10 pagi hingga 9 malam.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan Rp 15.000 hingga Rp35.000, Anda bisa mencicipi sajian nikmat yang kental dengan sejarah ini. Kalau ke sini, dijamin akan bisa bernostalgia dengan suasana Jakarta Tempo Doeloe.

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi gerai gelato di Jakarta, sekarang waktunya tentukan pilihan untuk hunting ke gerai-gerai tersebut. Agar lebih nyaman dan ringkas, sebaiknya Anda menggunakan pelayanan rental mobil Jakarta dari TRAC sebagai akomodasinya.

Sobat TRAC tak perlu membuang banyak tenaga untuk berjibaku dengan padatnya jalan ibu kota, belum lagi urusan parkir terutama saat akhir pekan. Layanan rental mobil dengan pengemudi dari TRAC bisa jadi pilihan tepat agar sobat TRAC bisa lebih bebas menghabiskan banyak waktu sambil bersantai.

Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan pada setiap perjalanan, TRAC juga menyuguhkan kemudahan dalam reservasi pelayanan rental mobil harian di Jakarta maupun kota-kota lainnya.

Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store untuk melakukan pemesanan bagi setiap layanan TRAC yang tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Jangan lupa juga untuk follow akun Instagram @trac_astra, halaman Facebook TRAC-Astra Rent a Car, dan akun Twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi terkini terkait destinasi liburan, tips & trick perjalanan, serta informasi pelayanan dan penawaran menarik dari TRAC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya