SOLOPOS.COM - Ilustrasi berciuman. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Setiap 6 Juli diperingati sebagai Hari Ciuman Internasional, ketahui sejarah berikut sejumlah fakta unik seputar aktivitas ini. Bagi kamu yang ingin menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan, simak ulasannya di tips relationship kali ini.

Aktivitas ini sering menjadi ekspresi atau ungkapan rasa sayang kita.  Jika kita melihat tak jarang di sejumlah kalangan masyarakat ada tradisi menyapa dengan ciuman di setiap pipi, sebuah tradisi yang mengingatkan kembali ke Dunia Lama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sedangkan anak-anak sering mendapatkan ciuman dari orang tua mereka sebagai tanda kasih sayang orang tua, meskipun ciuman itu cenderung memudar seiring bertambahnya usia anak.  Secara keseluruhan, berciuman telah memainkan peran penting dalam ikatan sosial sejak lama.

Sejarah Hari Ciuman Internasional sudah dikenal mulai era Romawi kuno dan meluas ke Eropa. Mulanya, peringatan ini lahir di Inggris dan menyebar di negara lainnya pada tahun 2000. Namun Hari Ciuman Internasional ini mulai diperingati pada tahun 2006 yang berfokus untuk pasangan. Biasanya, mereka merayakannya dengan mengadakan acara-acara bersama kekasih.

Berikut ini sejumlah fakta unik tentang berciuman seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (6/7/2023):

1. Jenis Ciuman Menurut Bangsa Romawi

Mengutip dari National Day, bangsa Romawi menggambarkan ciuman berdasarkan jenisnya. Ada bentuk oskulum yakni kecupan ramah di pipi, basium yaitu ciuman penuh kasih di bibir, dan savium yaitu ciuman paling bergairah di mulut.

2. Ciuman Terpanjang di Dunia Berlangsung Lebih dari 58 Jam

Di Hari Ciuman Internasional ini ketahui juga fakta unik berikutnya yaitu Ekkachai Tiranarat dan Laksana Tiranarat dari Thailand berpartisipasi dalam ciuman yang diselenggarakan oleh Ripley’s Believe It or Not! di Pattaya pada 2013 dan menciptakan rekor dunia. Mereka berciuman selama 58 jam, 35 menit dan 58 detik!

3. Anda Bisa Membakar Kalori dengan Berciuman

Ini mungkin tidak membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi berciuman diketahui membakar hampir dua hingga tiga kalori. Jika Anda berciuman ‘dengan penuh gairah’, Anda juga dapat membakar antara tujuh hingga dua puluh empat kalori per menit! Mungkin tidak banyak, tapi itu insentif yang cukup.

4. Berciuman Bisa Baik untuk Kesehatan

Ciuman dapat menyebarkan kuman saat Anda bertukar air liur, namun ciuman juga dapat bermanfaat bagi Anda menurut banyak penelitian. Ini dapat membantu mengurangi dermatitis, noda, kesehatan mental yang kendur, dan bahkan menambah beberapa tahun dalam hidup Anda.

5. Ciuman Setiap Hari Dapat Menjaga Kesehatan Gigi Anda

Air liur manusia memiliki banyak mineral di dalamnya, dan karenanya mungkin memiliki sifat antibakteri. Saat kita berciuman, kita melepaskan lebih banyak air liur, yang dapat membantu membersihkan plak di gigi kita. Ini membantu mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan gigi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya