SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang wajib diketahui umat Islam karena di malam tersebut Al-Qur’an diturunkan ke langit dunia.

Memasuki 10 hari terakhir, umat muslim tentunya memburu Lailatul Qadar, malam yang penuh dengan kemuliaan. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Qur’an] pada Lailatul Qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (bunyi Surat Al-Qadar ayat 1-3).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Akan tetapi, tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar datang, hanya saja Allah SWT memberikan tanda-tandanya. Beberapa di antaranya, suasana malam begitu cerah dan terang, cuaca malam hari tidak panas dan tidak dingin, tidak mendung pada malam hari, tidak hujan dan berangin pada malam hari, tidak ada bintang berjalan pada malam hari, serta pada siang hari cuaca cerah tapi tak terasa panas.

Nah, terdapat keutamaan di malam Lailatul Qadar, berikut ini di antaranya menurut Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

1. Malam Diturunkannya Al-Qur’an

Turunnya Al-Qur’an dari lauh mahfuz ke suatu tempat di langit yang pertama (langit dunia) yang bernama bait al-‘izzah. Al-Qur’an diturunkan semuanya dari awal hingga akhir secara lengkap. Hal itu terjadi pada malam Lailatul Qadar yang saat itu bertepatan dengan malam dua puluh empat Ramadan.

2. Malam Penuh Keberkahan

Di malam Lailatul Qadar ini merupakan malam penuh keberkahan bagi umat muslim sehingga beribadah di malam tersebut dipercaya lebih baik dibandingkan beribadah di bulan lain.

3. Seruan Allah SWT kepada Malaikat

Keutamaan di malam Lailatul Qadar lainnya adalah Allah memberitahukan kepada para malaikat mengenai apa yang terjadi di kalangan para hamba sampai datangnya lailatul qadar pada tahun berikutnya. Allah memberitahukan kepada mereka siapa saja yang lahir, mati, ditimpa musibah, sakit, sehat, dilapangkan rezekinya, disempitkan rezekinya dan lain sebagainya dalam kurun satu tahun ke depan.

4. Amal Saleh

Amal saleh pada malam Lailatul Qadar lebih baik daripada amal saleh yang dilakukan selama seribu bulan.

5. Malaikat Turun ke Bumi

Di malam Lailatul Qadar ini memiliki keutamaan di mana malaikat dari setiap langit turun memenuhi lapisan bumi mendoakan dan mengucapkan salam kepada setiap orang yang menghidupkan malam itu dengan berbagai ibadah.

6. Malam Keselamatan

Lailatul Qadar adalah malam keselamatan dan keberkahan bagi para wali dan orang-orang yang melakukan ketaatan. Pada malam itu, setan tidak dapat berbuat buruk kepada orang-orang yang melakukan kebaikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya