SOLOPOS.COM - Memasak nasi pakai rice cooker (ilustrasi/detik)

Solopos.com, SOLO-- Penggunaan rice cooker untuk memasak dan menyimpan nasi memang memberikan kemudahan serta membuat waktu memasak nasi lebih cepat. Namun, penggunaan rice cooker juga bisa membuat nasi cepat basi, berwarna kuning, bahkan cenderung kering.

Agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa cara sederhana ini agar nasi tidak cepat basi dan kering dalam rice cooker. Seperti, dilansir dari Liputan6.com, Selasa (29/9/2020) berikut tips agar nasi tidak cepat basi dan kering saat menanak nasi menggunakan rice cooker.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Virtual Amazing Batik 2020, Persembahan Solopos Untuk Warisan Budaya Bangsa

Cuci Beras Sampai Bersih

Mencuci beras hingga benar-benar bersih merupakan salah satu tips agar nasi tidak cepat basi dan kering yang sangat penting. Jadi, usahakan untuk mencuci beras hingga bersih sebelum memasak agar nasi menjadi bersih dan putih. Tak hanya itu, hal ini juga memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan tak mudah basi serta kering.

Gunakan Air yang Cukup

Penggunaan air untuk memasak nasi di rice cooker juga sangat penting agar membuat nasi tidak cepat basi dan kering. Pastikan bahwa kalian memakai air yang cukup buat memasak nasi di rice cooker, tidak lebih tidak kurang.

Air yang berlebihan akan membuat nasi lembek dan mudah sekali basi. Sementara itu, penggunaan air yang kurang, dapat membuat nasi menjadi kering dan keras. Jadi, selalu ikuti panduan pengisian air yang tepat saat memasak nasi.

Masak Buat Sekali Makan

Agar nasi tidak cepat basi dan kering selanjutnya adalah memasaknya untuk sekali makan saja. Sebab, nasi akan selalu fresh dan enak, serta hal ini juga dipastikan akan mencegah nasi basi, nasi kuning atau nasi kering.

Nasi yang tetap fresh adalah nasi yang setelah masak langsung dimakan. Jadi, usahakan untuk masak di pagi hari untuk makan pagi, masak siang buat makan siang dan bukan masak pagi untuk sore atau bahkan malam hari.

Aduk Nasi Saat Memasak

Saat proses memasak, jangan lupa buat mengaduk nasi. hal ini bertujuan agar nasi matang sempurna dan rata. Selain itu, mengaduk nasi saat proses memasak juga akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut serta sesuai dengan lidah.

Anda juga akan tahu apakah nasi akan kelebihan air atau kekurangan air. Selain itu, dengan mengaduk nasi juga memungkinkan uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata.

Gunakan Rice Cooker Berkualitas

Tips selanjutnya agar nasi tak mudah basi dan kering adalah pastikan kalian menggunakan rice cooker yang berkualitas. Jangan sampai menggunakan rice cooker yang sudah rusak, atau beberapa bagiannya sudah tidak berfungsi.

Pastikan rice cooker yang Anda gunakan untuk memasak dalam kondisi baik dan terdiri ataselemen-elemen yang baik pula. Jangan sampai, rice cooker yang dipakai adalah rice cooker yang mengalami kerusakan baik di satu elemennya atau di beberapa elemennya.

20 Hari Terpapar Covid-19, Bayi Baru Lahir Asal Trucuk Klaten Akhirnya Sembuh

Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Menggunakan jeruk nipis atau lemon, bisa digunakan agar nasi tidak cepat basi dan kering dalam rice cooker. Caranya, sebelum memasak nasi, kalian bisa menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon ke dalam beras terlebih dahulu.

Penggunaan air jeruk nipis atau lemon selama ini dipercaya dapat membuat tekstur nasi menjadi semakin lembut dan sesuai dengan lidah. Selain itu, warna nasi pun menjadi lebih putih dan tentunya tak akan mudah basi atau kering.

Jaga Kebersihan Rice Cooker

Pastikan juga untuk tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama dalam rice cooker. Bila ingin nasi tak kering, Anda bisa mencopot colokan rice cooker lalu membuka tutupnya dan membiarkan nasi dingin. Jika ingin makan nasi hangat, kamu bisa kembali memanaskan nasi. Jangan lupa juga, selalu menjaga kebersihan rice cooker di bagian dalam, maupun di bagian luar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya