SOLOPOS.COM - Foto Festival Dolanan Anak (Karanganyartourism.com)

Agenda wisata Karanganyar ini memaparkan runtutan event budaya Karanganyar pada Maret 2016.

Solopos.com, SOLO — Maret 2016 ini, Karanganyar menyuguhkan sejumlah event budaya bagi para wisatawan.

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Dikutip Solopos.com dari laman resmi Karanganyar Tourism, Jumat (4/3/2016), berikut daftar acara budaya Kabipaten Karanganyar yang diselenggarakan Maret 2016 ini.

Upacara Mondosiyo
Upacara Mondosiyo dilaksanakan pada 1 Maret 2016 di Pancot, Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar. Mondosiyo merupakan upacara sedekah bumi yang dilaksanakan setiap tujuh bulan sekali. Sebagai puncak dalam upacara ini, masyarakat akan memperebutkan seekor ayam yang menjadi sesaji.

Upacara Melasti
Upacara Melasti ini akan diselenggarakan pada 6 Maret 2016 mendatang di Telaga Madirda, Karanganyar. Inti dari upacara ini adalah penyucian Pratima (peralatan upacara) dan Mendhak Tirta. Mendhak Tirta merupakan prosesi pengambilan air suci yang digunakan pada Upacara Mecaru.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Nyepi
Untuk memperingati Tahun Baru Saka, pada 9 Maret 2016 di Candi Cetho masyarakat sekitar Candi Cetho akan melaksanakan ritual Nyepi. Hal ini mereka lakukan dengan menepati empat pantangan: amati geni, amati karya, amati lelungaan dan amati lelanguan. Empat hal ini berarti pemeluk agama Hindu dilarang untuk menghidupkan api, bekerja, bepergian dan menghibur diri.

Festival Dolanan Anak
Festival Dolanan Anak ini diselenggarakan pada 30 Maret 2016 di Karanganyar. Festival ini menampilkan potensi mainan anak tradisional. Selain itu, dalam festival ini juga diselenggarakan pertunjukkan tari. Festival ini akan diikuti oleh pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) dari Kabupaten Karanganyar. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya