SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak bermain dengan orang tua. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Dokter spesialis anak yang tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia dr. Yuni Astria, SpA mengatakan anak-anak bisa mulai diajari memilih sejak usianya 18 bulan hingga tiga tahun dan didahului pilihan-pilihan yang mudah. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

“Ini kelihatannya sederhana tetapi perlu dilatih. Kita melatih suatu kemampuan untuk melakukan aktualisasi, value dan dilatih dari sedini mungkin, 18 bulan sampai tiga tahun,” kata dia dikutip dari Antara pada Jumat (28/7/2023).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Yuni mencontohkan orang tua misalnya bisa meminta anak memilih lauk makan siang antara ayam atau ikan, atau bertanya pilihan warna sepatu merah atau biru untuk dikenakan hari ini.

Prinsip saat anak diajari memilih, orang tua harus  memberikan pilihan yang mereka setujui dan bukan merupakan pilihan dengan jawaban ya atau tidak.

“Jangan beri pilihan yang jawabannya ya atau tidak. Misalnya, ‘kamu mau makan atau enggak?’ Kalau dijawab tidak, bagaimana? Pilihan itu yang berada dalam koridor kita setuju,” kata Yuni yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Indonesia itu.

Dia berpendapat, memberikan pilihan pada anak merupakan bagian dari asuh atau pengasuhan orang tua pada anak mereka. Ini juga menjadi kebutuhan primer anak yang harus dilengkapi termasuk imunisasi.

Tak hanya asuh, sambung Yuni, anak juga harus diberikan asih dan asah yang adekuat. Asih yakni memberikan pujian, dukungan ketika anak bisa melakukan sesuatu walaupun bukan sesuatu yang kompleks.

Sementara asah yakni memberikan anak stimulasi setiap saat dan terus menerus demi perkembangan motorik kasar dan halus, sosial dan bahasa mereka. Stimulasi dilakukan perlahan dan tanpa unsur paksaan terhadap anak.

“Kadang kita berhenti di asuh. Sudah cukup kebutuhan finansial untuk anak, saya beli mainan, makanan, asuh cukup. Yang lain-lain akhirnya lebih banyak menatap gawai,” tutur Yuni yang kini berpraktik di RS Karya Medika itu.

Dia menambahkan, pemberian asah, asih dan asuh yang adekuat pada anak ini agar nantinya mereka dapat menjadi generasi pemimpin, mandiri dan percaya diri yang mumpuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya