SOLOPOS.COM - Selain biopsi, untuk penegakan diagnosa dokter biasanya juga mewawancarai pasien. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Komedian senior Nunung Srimulat telah menjalani prosedur biopsi  yang hasilnya akan keluar hari ini, Sabtu (4/2/2023), tindakan apa itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui Nunung Srimulat awalnya merasakan benjolan di payudaranya yang semakin lama semakin besar dan menimbulkan rasa sakit.  Nunung Srimulat mengakui hasil mamografi dan USG sudah mengarah ke kanker payudara. Kendati demikian dokter masih menunggu hasil biopsi. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Hasil biopsinya sih besok [Sabtu]. Dua hari yang lalu sudah diambil sampelnya. Saya sih masih punya harapan,” tuturnya saat jadi bintang tamu di acara FYP seperti dikutip dari kanal Youtube Trans7 Official pada Jumat (3/2/2023).

Lalu apa itu biopsi? Benarkah prosedur ini hanya berlaku bagi pasien kanker? Dikutip dari hellosehat.com pada Sabtu (4/2/3034), biopsi adalah salah satu tes yang biasanya dilakukan untuk mendeteksi dan memantapkan diagnosis penyakit kanker. Biopsi dilakukan sebagai prosedur mengambil jaringan atau sampel sel dari tubuh Anda. Kemudian, sampel sel tersebut akan diuji dalam sebuah laboratorium dan dilihat bentuknya di bawah mikroskop.

Sederhananya, dengan melakukan tindakan ini, tim medis jadi mengetahui bagaimana kondisi jaringan atau sel pada suatu bagian tubuh yang dicurigai mengalami gangguan.  Walaupun dilakukan untuk mendeteksi masalah kesehatan lain, biopsi adalah tindakan medis yang lebih dikenal untuk mendiagnosis penyakit kanker.

Kegunaan biopsi adalah untuk membantu membedakan tumor jinak dengan kanker. Selain itu, tindakan ini juga diandalkan untuk mengetahui stadium dan jenis kanker yang dialami.  Jika diagnosis kanker sudah ditegakkan dan stadiumnya sudah diketahui, ini akan mempermudah dokter memilih pengobatan kanker yang tepat. Pengobatannya meliputi operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, atau radioterapi.

Selain penyakit kanker, masalah kesehatan lain yang juga direkomendasikan menjalani biopsi adalah:

– Membantu dokter untuk menentukan apakah terdapat luka pada usus atau tidak.
– Membantu dokter menegakkan diagnosis apakah ada gangguan hati seperti sirosis atau kanker hati.
– Mengidentifikasi apakah terjadi infeksi atau tidak dan mikroorganisme yang menyebabkannya.

Setelah tahu apa itu biopsi seperti tindakan yang dialami Nunung Srimulat, berikutnya ketahui juga berapa lama biasanya hasil tindakan ini bakal diketahui hasilnya.  Mengutip dari UCSF Health, lama waktu biopsi yang menggunakan jarum halus atau needle biopsy adalah sekitar 10-15 menit. Namun, lama waktu biopsi tumor tersebut bisa bervariasi dan tidak selalu sama antara jenis yang satu dan lainnya.

Pada operasi biopsi atau surgical biopsy, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama ketimbang needle biopsy. Begitu pula dengan jenis biopsi lainnya yang memakan waktu berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

Hasil biopsi umumnya bisa Anda dapatkan dalam 2-3 hari setelah prosedur dilakukan. Hasil yang memerlukan analisis yang lebih rumit dapat memakan waktu 7 hari hingga 10 hari.

Setelah tahu apa itu biopsi ketahui pula langkah-langkah untuk penegakan diagnosa apakah benjolan hanya berupa tumor atau kanker sebagai berikut dikutip dari alodokter.com pada Sabtu (4/2/2023):

1. Wawancara dengan pasien
2. Pemeriksaan fisik
3. Pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan USG, radiologi, pemeriksaan darah, atau biopsi
4. Penegakan diagnosa
5. Penatalaksanaan

Sehingga biopsi yang dilakukan akan memberikan kesimpulan ada tidaknya sel kanker pada sample jaringan biopsi hampir sekitar 90% sensitivitasnya. Bila tidak ditemukan sel kanker, maka benjolan atau tumor yang di biopsi merupakan tumor jinak, sehingga tidak mengarah ke kanker. Penataksanaan selanjutnya dapat dilakukan prosedur operasi atau hanya dilakukan observasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya