SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit tenggorokan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Pemilik akun TikTok @yosepmatthew membagikan pengalamannya saat mengidap kanker nasofaring yang awalnya dikira polip hidung, penyakit apa itu?  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Awalnya dia mengira bahwa dirinya hanya kena polip hidung. Dia sering membagikan perjuangannya dalam pengobatan kanker nasofaring. “Setelah lama berjuang dalam pengobatan untuk kanker nasofaring. Gue memutuskan untuk membuat video short kisah gue selama pengobatan ini,” tulisnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Agar semakin tahu apa itu kanker nasofaring, simak definisinya terlebih dahulu. Dikutip dari clevelandclinic.org pada Kamis (5/10/2023), kanker nasofaring adalah kanker yang terjadi di nasofaring dan terletak di belakang hidung serta di atas bagian belakang tenggorokan.

Kanker nasofaring termasuk golongan kanker ganas yang cukup umum terjadi. Namun, gejala awal penyakit ini seringkali tidak terdeteksi. Akibatnya, pengidapnya seringkali baru menyadari kondisinya saat kanker sudah stadium lanjut.

Karena berkembang di tenggorokan, penyakit ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami gejala kesulitan berbicara, mendengar, serta bernapas. Itulah sebabnya penting untuk mewaspadai penyakit ini. Kanker yang paling umum di nasofaring adalah karsinoma nasofaring (NPC). Karsinoma adalah kanker yang berawal pada sel yang melapisi permukaan organ dalam tubuh, yang disebut sel epitel.

Dikutip dari mayoclinic.org pada Kamis (5/10/2023), stadium awal gejala kanker nasofaring meliputi benjolan di leher Anda disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening, darah di air liur, keluarnya darah dari hidung, hidung tersumbat, atau telinga berdenging, gangguan pendengaran, infeksi telinga yang sering terjadi, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

Agar semakin mengenal apa itu kanker nasofaring, berikut ini adalah penyebab penyakit tersebut:

1.  Merokok Berat

Merokok berat atau menggunakan produk tembakau dapat membuat Anda berisiko terkena kanker nasofaring.

2.  Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara sering dan berlebihan merupakan salah satu penyebab Anda bisa terkena penyakit kanker nasofaring.

3.  Mengidap Virus Epstein-Barr (EBV)

Virus Epstein-barr adalah virus yang sama yang menyebabkan mononukleosis. EBV umum terjadi pada orang yang didiagnosis menderita kanker nasofaring.

4.  Mengonsumsi Makanan Pengawet

Rutin mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan garam. Orang yang mengonsumsi makanan kaya daging dan ikan yang diawetkan dengan garam memiliki peluang lebih tinggi terkena kanker nasofaring.

5.  Menghirup Debu dan Asap

Terkena banyak debu dan asap dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker nasofaring.

6.  Keturunan

Untuk semakin tahu apa itu kanker nasofaring, kenali pula salah satu penyebabnya adalah keturunan. Memiliki riwayat keluarga. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita kanker nasofaring, kemungkinan besar Anda terkena penyakit tersebut.

7. Jenis kelamin

Laki-laki dan orang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir (AMAB) sekitar tiga kali lebih mungkin terkena kanker ini dibandingkan perempuan dan orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir (AFAB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya