SOLOPOS.COM - Sakit kepala merupakan salah satu gejala meningioma. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Aktris senior Amerika Serikat Hersha Parady yang berperan sebagai guru sekolah Alice Garvey di Little House on the Prairie meninggal dunia pada Rabu (23/8/2023)  karena mengidap meningioma, penyakit apa itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh agensi yang menaunginya. “Hersha (‘Hershey’) Parady adalah anggota lama dari Perwakilan Grup. Dia meninggal hari ini setelah perjuangan panjang dan gagah berani melawan meningioma. Dia berada dalam perawatan penuh kasih dari putra satu-satunya, Jonathan Peverall,” kata Perwakilan Grup Artistik Direktur, Doug Haverty, mengutip dari Fox News Digital, Sabtu (26/8/2023).

Promosi Dukung Go Global, BRI Berangkatkan 8 UMKM ke FHA Food & Beverage 2024 Singapore

Kematian Hersha ini tentu meninggalkan luka yang dalam bagi para penggemar atau bahkan para aktris dan aktor yang pernah bermain bersamanya. Pembuat Little House on the Prairie menyampaikan perasaan dukanya tersebut dalam sebuah unggahan di halaman Facebook-nya.

Lantas, apa itu penyakit meningioma yang diderita Hersha Parady?  Melansir dari Mayo Clinic, Sabtu (26/8/2023), meningioma merupakan  tumor yang muncul dari meninges, selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meskipun secara teknis bukan tumor otak, tumor ini termasuk dalam kategori terseut karena dapat menekan otak, saraf, dan pembuluh darah di sekitarnya. Meningioma adalah jenis tumor paling umum yang terjadi di kepala, yaitu sekitar 30%.

Tumor ini biasanya jinak, dan tidak seperti kanker, meningioma tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Biasanya meningioma tumbuh sangat lambat, selama bertahun-tahun dan tanpa disertai gejala-gejala yang biasanya timbul. Namun ketika tumor ini tumbuh mereka dapat menyebabkan kecacatan serius. Karena sebagian besar meningioma tumbuh secara lambat, seringkali tanpa tanda dan gejala yang signifikan, meningioma tidak selalu mendapatkan pengobatan segera.

Penyakit inin sebenarnya dapat terjadi pada semua usia tetapi lebih sering terjadi pada mereka yang sudah memasuki usia tua dan lebih sering terjadi pada wanita.

Untuk semakin mengetahui apa itu meningioma ketahui gejalanya biasanya dimulai secara bertahap dan mungkin sangat tidak kentara ketika awalnya. Nah, berikut ini beberapa gejala yang muncul pada pengidap meningioma:

– Perubahan penglihatan, seperti melihat ganda atau kabur
– Masalah pada usus atau kandung kemih
– Sakit kepala yang memburuk di pagi hari
– Gangguan pendengaran atau telinga berdenging
– Hilang ingatan
– Melemahnya anggota badan
– Hilangnya penciuman
– Kejang
– Nyeri, mati rasa, atau kesemutan pada pada lengan atau kaki
– Kesulitan berbicara

Gejala-gejala tersebut tergantung di mana tumor ini tumbuh, di otak atau di tulang belakang yang paling jarang terjadi. Sebenarnya penyebab terjadinya meningioma belum diketahui secara pasti. Penyakit ini mungkin berkembang karena mutasi genetik, paparan lingkungan, hormon atau faktor lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya