SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum di Indonesia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Istilah silent majority viral di media sosial setelah pencoblosan Pemilu 2024 selesai. Sementara itu, tidak semua masyarakat mengerti apa arti dari istilah itu.

Sebelumnya ketahui terlebih dulu istilah itu muncul dan viral di media sosial dan digunakan oleh sejumlah warganet seusai pencoblosan pemilihan umum atau Pemilu 2024. Selain itu istilahnya viral usai pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dalam hasil sementara quick count.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diketahui Ketua TKD Prabowo-Gibran Jawa Barat dan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, turut menuturkan istilah tersebut di media sosial Instagramnya. Ia menuturkan bahwa para silent majority sudah mulai berbicara.

“Pelajaran. Silent Majority sudah berbicara,” tulis @ridwankamil dikutip pada Kamis (15/2/2024).

Melalui unggahan video reels Instagram tersebut Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil tersebut turut menyebutkan siapa orang yang termasuk silent majority. Mereka adalah orang yang kerap memperhatikan terkait Pemilu namun jarang berkomentar.  “Mereka yang menyimak namun jarang komen, mereka yang jarang ribut-ribut di medsos tiap akun ini posting #politik,” ujarnya.

Lalu apa itu silent majority menurut kamus? Dikutip dari kamus Oxford istilah silent majority mempunyai arti sekelompok besar orang di suatu negara yang tidak menyatakan pendapat terkait sesuatu atau tidak mengungkapkan pendapatnya secara terbuka.  Sehingga dalam artian silent majority merupakan istilah yang merujuk kepada seseorang atau sekelompok yang mayoritas diam. Mereka tidak aktif berpartisipasi dalam perdebatan atau demonstrasi.

Namun, orang atau sekelompok yang memilih menjadi silent majority memiliki pendapat atau sikap serupa. Perbedaannya silent majority tidak mengutarakan pendapat atau sikapnya karena tidak aktif atau vokal secara terbuka.

Meskipun begitu, silent majority dianggap sebagai kekuatan mayoritas yang mendasari pada suatu posisi atau pandangan. Tentunya istilah ini juga digunakan dalam politik untuk merujuk kepada massa yang tidak terwakili dalam media atau kawasan politik yang aktif.

Sementara itu, mengutip dari Merriam-Webster, juga menjelaskan apa itu silent majority yaitu adalah bagian besar dari populasi suatu negara yang terdiri dari orang-orang yang tidak terlibat aktif dalam politik.

Mereka yang termasuk silent majority tentunya tidak mengungkapkan pendapat politiknya terutama di depan umum. Sehingga tidak mengherankan jika usai pencoblosan Pemilu 2024 istilah tersebut mulai ramai digunakan.

Sementara itu dikutip dari dictionary.cambridge.org, silent majority adalah sejumlah besar orang yang belum menyatakan pendapat tentang sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya