SOLOPOS.COM - Ilustrasi lambang toilet. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Beberapa waktu lalu, warganet dihebohkan keberadaan toilet gender netral di salah satu sekolah international di Jakarta. Toilet apa itu?

Viralnya hal ini bermula dari pernyataan artis Indonesia, Daniel Mananta. Daniel mengungkapkan bahwa ia menemukan toilet gender netral atau toilet unisex di salah satu sekolah internasional di Jabodetabek. Hal itu terjadi saat dia mencarikan sekolah untuk anaknya.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Dia mengkhawatirkan sekolah tersebut mendukung lesbian, gaya, biseksual, transgender (LGBT).  “Yang mungkin gua nggak terlalu banyak share juga, tapi sebelum memilih sekolah ini gue berdoa dulu sama Tuhan berdoa banget. Tuhan kalau misalnya emang ini adalah jalannya Tuhan supaya anak gue sekolah di sini ya udah lancarkan gitu kan.  Nah ternyata pas lagi di sekolah itu kayak mata gue dibuka gitu,” tutur Daniel Mananta dikutip dari kanal YouTube TvOneNews pada Selasa (22/8/2023).

Lalu apa itu toilet gender netral?  Melansir dari situs The University of Edinbrugh, toilet gender netral atau toilet unisex merupakan kamar mandi yang dapat digunakan oleh siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin apa pun.

Mengutip dari PinkNews, Selasa (22/8/2023), toilet netral gender ini penting di negara barat lantaran fasilitas yang disuguhkan oleh kamar mandi netral gender dapat memberikan ruang yang lebih aman dan nyaman bagi seseorang yang mungkin transgender atau mungkin tidak mengidentifikasi diri dengan biner gender laki-laki atau perempuan, yang mana toilet umum sering kali dipisahkan.

Hal ini dapat memudahkan para transgender yang berada di berbagai tahap transisi, dalam mengambil keputusan apakah akan menggunakan kamar mandi pria atau wanita, yang dapat membuat para trans atau non-biner merasa terjebak di antara dua pilihan sulit tersebut.

Beberapa bahkan mengatakan bahwa mereka menghindari penggunaan toilet umum sama sekali atau memilih toilet dengan bilik tunggal untuk menghindari buang air kecil di kamar mandi yang dipisahkan berdasarkan gender. Selain dapat digunakan oleh para transgender, toilet netral gender ini juga dikatakan dapat membatu para penyandang disabilitas dan anak-anak yang masih membutuhkan bantuan saat ke toilet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya