SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Banyak kaum hawa yang penasaran apakah perempuan yang sudah menopause bisa hamil?

Melansir situs resmi Morula IVF, sistem reproduksi akan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia khususnya pada perempuan. Hal ini karena indung telur sudah tidak mampu melepaskan sel telur secara rutin setiap bulannya. Kondisi ini juga diartikan bahwa menopause merupakan masa akhir reproduksi dan tidak akan ada lagi kemungkinan kehamilan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dari penjelasan tersebut dapat diartikan menopause merupakan berhentinya masa siklus menstruasi pada perempuan. Hal ini biasanya terjadi karena faktor usia yang sudah lanjut, yakni usia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini membuat anggapan menopause merupakan masa akhir reproduksi dan tidak akan ada lagi kemungkinan kehamilan.

Nah, apakah benar perempuan yang sudah menopause tidak bisa hamil?

Menurut penjelasan di situs kesehatan Halodoc.com, saat menopause, kadar LH dan FSH tetap tinggi. Namun, kadar estrogen dan progesteron tetap rendah. Ketidakseimbangan hormon ini membuat ovarium tidak melepaskan sel telur. Efeknya, menstruasi berhenti total dan tidak bisa hamil lagi.

Dalam penjelasan Morula IVF, ada kemungkinan perempuan yang sudah menopause bisa hamil, meski peluangnya sangat kecil. Jika benar-benar hamil, maka akan ada banyak risiko dan kesulitan yang mungkin dialami. Hal ini berkaitan dengan menentukan kapan masa subur sehingga akan kesulitan untuk menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan dengan suami karena tidak ada cara mengembalikan menstruasi ketika menopause.

Perempuan  menopause yang berhasil mengalami kehamilan juga memiliki risiko yang cukup tinggi baik untuk ibu maupun janin dalam kandungan. Salah satu yang mungkin saja terjadi adalah akan muncul masalah yang berkaitan dengan komplikasi kehamilan.

Dikutip dari Health, ada beberapa risiko kehamilan dan kelahiran setelah masa menopause, berikut ini di antaranya.

  • Berat badan bayi terlalu rendah.
  • Kelahiran prematur.
  • Bayi meninggal di dalam kandungan.
  • Kelainan kromosom pada bayi.
  • Komplikasi persalinan.
  • Mengalami tekanan darah tinggi pra persalinan.
  • Diabetes gestasional.

Nah, dari penjelasan di atas, sudah terjawab kan apakah perempuan yang sudah menopause bisa hamil?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya