SOLOPOS.COM - Ilustrasi sedang memainkan handphone. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO Handphone (HP) atau telepon genggam merupakan alat yang kini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga memiliki fungsi lain dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan HP yang terlalu lama dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko kanker.

Memang berkat HP sejumlah urusan terasa lebih mudah, seperti belajar, belanja, mencari berita terkini dan masih banyak lagi. Hampir semua orang di dunia memiliki HP dan menggunakannya secara intens.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun tanpa disadari pemakaian HP yang terlalu lama dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan dikarenakan adanya radiasi yang terpancar.

Dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rabu (22/3/2023), radiasi yang terpancar dari HP merupakan bentuk elektromagnetik yang dapat diserap oleh jaringan tubuh ketika berdekatan dengan alat tersebut.

International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan bahwa radiasi HP kemungkinan bersifat karsinogenik, yang artinya radiasi pada HP memungkinkan untuk memunculkan risiko kanker.

Banyak orang yang tidur berdampingan dengan HP, bahkan menaruh HP di bawah bantal. Ini tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Rabu (22/3/2023), efek yang dihasilkan dari paparan sinar radiasi HP terhadap tubuh ialah sebagai berikut:

  1. Insomnia

HP dapat memunculkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon tersebut diperuntukan untuk mengatur tidur dang mengganggu jam biologis tubuh.

  1. Konsentrasi Menurun

HP mengeluarkan radio elektromagnetik yang membuat aliran darah tidak maksimal. Hal ini menyebabkan gagal fokus dan kurang konsetrasi.

  1. Kualitas Tidur Berkurang

Penggunaan HP sebelum tidur dapat merangasang fisiologi dan psikologi yang dapat mempengaruhi tidur.

  1. Meningkatkan Risiko Kanker

Radiasi yang tinggi bersifat karsinogenik dapat mempengaruhi susunan saraf hingga akhirnya dapat menimbulkan kanker atau tumor.

  1. Sakit Kepala

Bagi sebagian orang yang sensitif tehadap gelombang radiasi dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan muntah.

  1. Merusak Sel Otak

Gelombang elektronik mudah menembus otak yang membuat kerusakan pada sel-sel otak. Rusaknya sel-sel otak dapat meingkatkan risiko berbagai penyakit seperti tumor otak, Alzheimer, autism dan masalah pada perilaku.

Oleh sebab itu, jangan gunakan HP secara berlebihan. Jauhkan HP ketika tidur dan batasi penggunaan HP untuk meminimalisir gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya