SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Cuaca buruk seperti hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi di Indonesia. Dalam Agama Islam, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca saat terjadi cuaca buruk.

Wikipedia menyebut cuaca buruk dapat berpotensi kerusakan, gangguan sosial, hingga hilangnya kehidupan manusia. Fenomena cuaca buruk dapat menyebabkan angin kencang yang berakibat tumbangnya sejumlah pohon. Atap rumah dan properti lain juga dapat rusak akibat diterjang angin kencang.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Cuaca buruk seperti hujan deras dengan intensitas air yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya banjir. Sebab itulah, umat Islam dianjurkan untuk memanjatkan doa agar dihindarkan dari kejadian-kejadian buruk. Berikut bacaan doa saat terjadi cuaca buruk yang dihimpun dari laman Nahdlatul Ulama (NU), nu.or.id:

Allahumma inni a’udzu bika min syarriha

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan awan ini

Baca Juga: Bacaan Doa Agar Diberikan Kemudahan Mengerjakan Soal Ujian

Doa tersebut di baca Nabi Muhammad SAW saat melihat awan hitam. Sementara saat turun hujan, beliau membaca doa berikut:

Allahumma shayyiban nafi’an

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan

Aisyah RA meriwayatkan bahwasannya Nabi Muhammad SAW saat melihat awan hitam langusung meninggalkan pekerjaan meski pun tengah salat sekali pun kemudian beliau mengucapkan

“Allahumma innii a’uudzu bika min syarrihaa” [Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan awan ini.]” Dan ketika turun hujan, beliau berucap: “Allahumma shayyiban naafi’an [Ya Allah turunkanlah hujan yang membawa manfaat dan kesenangan].” (HR. Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Imam al-Baihaqi).

Baca Juga: Ini Amalan Zikir yang Dapat Dibaca di Bulan Rajab

Demikian itulah bacaan doa yang diajarkan saat terjadi cuaca buruk. Semoga doa yang telah dipanjatkan dapat diterima dan kabulkan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya