SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Saat berkendara terkadang kita dihadapkan dengan kondisi jalan yang macet. Saat terjebak di jalan yang macet, umat Islam dianjurkan membaca amalan zikir.

Macet karena penumpukan kendaraan membuat Anda harus bersabar. Terlebih saat mengemudi mobil yang tak mampu leluasa melaju seperti motor.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kondisi kemacetan di jalan terkadang membuat orang mengeluh. Dikutip dari laman Nahdlatul Ulama, nu.or.id, Selasa (22/2/2022), Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu KH Sujadi memberikan amalan ini yang dapat dilakukan saat berhadapan dengan kondisi macet atau antrean panjang.

Amalan itu adalah membaca zikir salah satu Asmaul Husna atau nama-nama Allah SWT yang indah, yakni Ya Quddus. Zikir ini, menurut KH Sujadi, dapat dilantunkan berulang kali selama menghadapi situasi macet. Bacaan zikir ini diyakini mampu mengurai kemacetan atau antrean.

Baca Juga: Bacaan Doa saat Hadapi Cuaca buruk

“Kalau sedang terjebak kemacetan di jalan, dengan membaca Ya Quddusu.. Ya Quddusu.. maka Insya Allah kondisi yang penuh dan sesak akan menjadi lapang,” katanya.

Amalan ini ia contohkan saat menghadapi situasi kepadatan jemaah haji yang tengah melakukan tawaf di Masjidil Haram. Menurutnya, amalan ini mampu melapangkan jalan dari ribuan jemaah.

Ijazah amalan ini diberikan saat melakukan kajian tafsir ayat Al-Qur’an yang termaktub di dalamnya kata Asmaul Husna yakni Surat Al-Isra’ ayat 110. Ayat ini berisi perintah Nabi Muhammad SAW untuk menyeru nama Allah dengan nama-nama terbaik-Nya seperti yang terkandung dalam Asmaul Husna.

Baca Juga: Tetap Optimistis! Ini Doa saat Mengalami Kerugian dalam Berdagang

Dalam Kitab Tafsir Jalalain tertulis satu hadis yang menjelaskan bahwa Allah SWT memiliki 99 nama yang dikenal dengan nama Asmaul Husna. Seluruh nama-nama Allah itu memiliki sejumlah keistimewaan dan salah satunya dapat menjadi doa. Itulah bacaan zikir yang dapat dibaca saat berhadapan dengan kemacetan atau antrean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya