SOLOPOS.COM - Ilustrasi tasbih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ketika Anda atau orang lain sakit, dalam Islam terdapat zikir yang bisa dibaca agar cepat sembuh seperti sediakala.

Menurut hadis yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW berkata, “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa ta’ala.”

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Maka dari itu, orang sakit dianjurkan untuk terus berusaha agar cepat sembuh dan tidak mengenal putus asa. Mulai dari rutin mengonsumsi obat-obatan dari dokter, menjalani hidup sehat, hingga memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesembuhan.

Nah, dalam Islam terdapat zikir yang dibaca untuk orang sakit. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini bunyi bacaannya.

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Engkau, Allah. Mahasuci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim.

Zikir untuk orang sakit itu dibaca sebanyak 40 kali sesuai penjelasan Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibari dalam kitabnya Irsyadul Ibad.

“Siapa saja seorang muslim yang berdoa ketika sakitnya kalimat ”Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin” sebanyak 40 kali, lalu meninggal disebabkan sakitnya itu, maka baginya ganjaran mati sahid. Namun sekiranya dia sehat, sungguh diampuni baginya segala dosanya.” (HR Al-Hakim).

Selain itu, ada zikir lain yang dibaca untuk orang sakit yang dijelaskan dalam kitab yang sama. Adapun bacaan zikirnya sebagai berikut.

“Barangsiapa membaca surat “Qul huwallaahu ahad” pada sakit yang membawa kepada kematiannya, niscaya dia tidak akan menghadapi fitnah dalam kuburnya, aman dari himpitan siksa kubur dan pada hari kiamat para Malaikat akan membawanya dengan sayap-sayapnya melalui titian shiratal mustaqim sampai ke dalam surga.” (HR At-Thabarani).

Bacaan dari potongan Surat Al-Ikhlas tersebut dibaca sebanyak 100 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya