SOLOPOS.COM - Ilustrasi lemon (Shape.com)

Solopos.com, SOLO-Sebagai tempat penyimpanan makanan, di dalam kulkas kadang timbul bau tak sedap. Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas.

Kulkas adalah alat elektronik yang sangat populer bagi seluruh kalangan masyarakat. Meskipun jumlah pengguna kulkas senantiasa bertambah, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami cara merawat kulkas sehingga jadi berbau. Masalah klasik ini tentu harus lekas diatasi dengan membersihkan kulkas secara teratur serta menggunakan pengharum kulkas.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Beberapa bahan alami seperti larutan garam dan cuka dapat digunakan untuk membersihkan seisi kulkas. Namun, membersihkan kulkas secara telaten saja belum cukup untuk mengatasi masalah bau yang tak kunjung hilang. Anda juga harus memahami cara agar kulkas harum setiap saat.

 

Beberapa bahan alami berikut ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap kulkas, seperti dikutip dari Aqualektronik.

 

Lemon

Buah dari keluarga jeruk ini dikenal ampuh sebagai pengharum kulkas alami. Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai antibakteri sehingga penggunaannya mampu menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau tidak sedap pada kulkas.

Cara menggunakannya sangat praktis, Anda hanya perlu memeras beberapa buah lemon ke dalam mangkuk lalu letakkan mangkuk berisi air lemon tersebut dalam freezer kulkas. Aroma lemon akan menyebar dalam waktu 30 menit hingga 1 jam sehingga bau kulkas jadi lebih segar.

 

Baking soda

Manfaat baking soda bukan cuma sebagai pengembang adonan makanan, tetapi juga dapat difungsikan sebagai penghilang bau kulkas. Penggunaan baking soda dapat menyerap bau dalam kulkas sehingga aromanya kembali netral.

Tuangkan bubuk baking soda ke dalam mangkuk lalu letakkan pada salah satu sudut kulkas. Jangan lupa mengganti baking soda setiap 3 bulan sekali supaya khasiatnya tetap maksimal. Cara agar kulkas harum yang satu ini tentu sangat praktis, sebab Anda tidak perlu repot mencampur baking soda dengan aneka bahan lainnya.

 

Vanila

Popularitas aroma vanila sebagai pengharum tentu tak perlu diragukan lagi. Itulah sebabnya Anda bisa menggunakan ekstrak vanila berbentuk cair sebagai pengharum kulkas. Caranya, Anda tinggal mencelupkan beberapa bola kapas ke dalam ekstrak vanila.

Selanjutnya, masukkan bola-bola kapas yang sudah basah ke dalam mangkuk lalu letakkan mangkuk di sudut kulkas. Tunggu selama 24 jam hingga aroma vanila menyebar di kulkas kemudian angkat mangkuk berisi bola-bola kapas tersebut.

 

Minyak esensial

Minyak esensial yang memberikan efek rileks nyatanya juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum kulkas. Namun, sebaiknya Anda tidak memilih minyak esensial beraroma bunga agar tidak mengganggu aroma kulkas secara keseluruhan.

Pilihlah minyak esensial jeruk atau lemon yang aromanya terkesan menyegarkan. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial dalam mangkuk, kemudian letakkan mangkuk tersebut di kulkas agar bau kulkas segera menghilang.

 

Ampas Kopi

Jangan langsung membuang ampas kopi usai menikmati segelas kopi favorit. Cara agar kulkas harum bisa dilakukan dengan memanfaatkan ampas kopi. Jemurlah ampas kopi selama beberapa jam sampai kering sempurna.

Berikutnya, masukkan mangkuk berisi ampas kopi yang sudah kering ke kulkas selama 24 jam. Ampas kopi akan menyerap bau tak sedap dalam kulkas sehingga aromanya jadi lebih segar. Jangan lupa mengganti ampas kopi minimal satu minggu sekali untuk menjaga aroma kulkas.

 

Cengkeh

Persediaan cengkeh di dapur rumah Anda bisa diandalkan untuk membuat pengharum ruangan alami. Siapkan buah jeruk atau lemon ukuran besar sebagai padanannya. Belah jeruk atau lemon lalu tusukkan beberapa cengkeh pada permukaannya.

Masukkan jeruk atau lemon yang sudah disertai cengkeh ke dalam kulkas untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda bisa mengganti pengharum alami ini secara rutin jika jeruk atau lemon sudah mengering.

 



Daun pandan

Satu lagi rekomendasi pengharum kulkas alami yang mudah didapat adalah daun pandan. Siapkan beberapa lembar daun pandan besar lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.

Letakkan potongan daun pandan pada kulkas agar aromanya yang khas membuat bau kulkas berangsung-angsur hilang. Anda bisa mengganti potongan daun pandan kering dengan yang baru setiap beberapa hari sekali sehingga bau kulkas tidak muncul kembali.

Demikian beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya