SOLOPOS.COM - Bandeng Gejrot Sambal Bawang RM Hany Jaya (Espos/Lutfiyah)

Bandeng Gejrot Sambal Bawang RM Hany Jaya (Espos/Lutfiyah)

Mendengar menu makanan bandeng gejrot sambal bawang dalam benak saya langsung terbayang tahu gejrot khas Cirebon yang berisi tahu disiram kecap. Bagaimana dengan bandeng gejrot sambal bawang? Semula saya sempat menduga bandeng gejrot merupakan makanan olahan bandeng yang dibuat dari kolaborasi kecap dan sambal bawang persis seperti tahu gejrot.
Tapi, dugaan saya salah. Bandeng gejrot khas RM Bandeng Tanpa Duri Hany Jaya Solo yang disuguhkan di hadapan saya berupa bandeng goreng yang dibelah menjadi dua tanpa putus dan di atasnya diberi olesan sambal bawang.
Meski begitu, menu variasi bandeng yang baru kali pertama saya coba itu tetap terasa enak, apalagi hadir saat perut kosong. Beberapa kali saya pun sempat mengoyak-oyak daging bandeng yang terasa lembut di mulut hingga tak menyisakan daging sama sekali kecuali kulitnya yang sengaja tidak saya makan.
Selain bandeng gejrot sambal bawang, bandeng juga bisa diolah dalam berbagai variasi menu makanan seperti pepes bandeng dan sup bandeng.
“Sampai sekarang saya masih terus bervariasi membuat olahan bandeng. Salah satunya bandeng bungkus telur, ternyata setelah disuguhkan banyak yang suka,” kata pemilik Hany Jaya, Utami.
Di RM Bandeng Bakar Juwana (BBJ), bandeng juga bisa disulap menjadi bandeng crispy, pepes bandeng dan tahu bakso bandeng. Menu yang disebut terakhir bisa menjadi pilihan bagi Anda yang kurang menyukai bandeng karena rasa bandengnya sedikit tersamarkan.
“Bandeng terbukti bisa dimasak apa saja. Kami juga membuat garang asam bandeng. Semua bumbu hampir mirip dengan garang asam ayam bedanya cuma dagingnya saja yang diganti,” ujar salah satu pegawai BBJ Solo, Supriyono.
Keistimewaan lainnya, selain bisa dimasak apa pun, bandeng segar juga kaya protein dan gizi. Menurut Supri, bandeng juga mengandung asam lemak yang sangat berguna dalam mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner.
“Siapa pun pasti ingin makan makanan yang sehat, nah kalau ingin makanan yang bergizi bandeng bisa jadi pilihannya,” ujar Supriyono.
Dengan kelebihannya itu, tak salah jika ikan khas air payau itu semakin banyak penggemar. Bahkan, di RM Bandeng Segar Mbak Mar, tidak sedikit kaum selebritis yang sengaja bertandang.
“The Virgin kemari, juga sempat mampir makan di sini. Artis lainnya juga banyak termasuk Pak Bondan Mak Nyuuus,” ujar Mbak Mar.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya