SOLOPOS.COM - Espos/Adib Muttaqin Asfar

Espos/Adib Muttaqin Asfar

Bisnis kerajinan tempurung kelapa memang tak butuh modal besar. Meski begitu, butuh keterampilan dasar dan penguasaan alat untuk menjadi seorang produsen kerajinan ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

  1. Peralatan dasar

Peralatan dasar yang dibutuhkan bermacam-macam, tergantung jenis kerajinan yang akan dibuat. Untuk coco sculpting seperti BBC, dibutuhkan satu set alat berupa gerinda, gergaji putar, carver dan bor. Alat-alat ini memang hanya bekerja dengan listrik, namun bisa diandalkan untuk pembuatan bentuk-bentuk sesulit apapun. Alat sederhana seperti gergaji kecil manual memang bisa dipakai, namun kemampuannya terbatas.

  1. Keterampilan dasar

Keterampilan dasar untuk membentuk benda memang dibutuhkan. Karena itu ada beberapa orang yang khusus mengajari teknik pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa ini.

  1. Pasar

Pasar untuk kerajinan ini terbuka lebar. Di Jogja, kerajinan seperti ini bisa dibilang banyak dicari orang, khususnya di pusat penjualan suvenir. Biasanya kerajinan ini banyak dipakai sebagai suvenir pernikahan, kenang-kenangan dan sebagainya. Karena itu harga jualnya tak lagi berdasarkan biaya produksinya, melainkan nilai seninya. Ada produk kerajinan yang harganya sampai lebih dari Rp1 juta. Namun produksinya butuh waktu cukup lama karena kerumitannya.

 

Sumber: Diolah dari wawancara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya