SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air zamzam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak salah beli, ketahui terlebih dahulu beda air zamzam asli dan palsu. Hal ini lantaran air ini sering menjadi oleh-oleh khas haji atau umrah.

Walaupun merupakan oleh-oleh haji yang banyak dibawa, tidak jarang juga ada pedagang di Indonesia yang menyediakan air zamzam. Hal ini kerap jadi pilihan agar tidak menambah barang bawaan sepulang dari Tanah Suci.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Berikut ini cara mengetahui beda air zamzam asli dan palsu dikutip dari idxchannel.com pada Senin (22/5/2023):

1. Air zamzam tidak berbusa

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan mengecek apakah air zamzam  yang dijual berbusa atau tidak. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengocok galon air zamzam  yang akan dibeli.

2. Mengecek kemasan

Langkah berikutnya untuk mengetahui beda air zamzam asli dan palsu adalah dengan mengecek kemasan. Kemasan dari air zamzam  yang dijual juga bisa menjadi penentu keaslian dari air zamzam. Anda bisa melakukan pengecekan terhadap kemasan kardus air zamzam. Biasanya, kardus air zamzam  akan ditempel sebuah stiker boarding pass serta rincian tanggal pengemasannya.

3. Mencoba air zamzam

Sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai oleh-oleh haji atau umrah, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.  Penjual air zamzam menyediakan tester atau memperbolehkan calon pembelinya untuk mencicipi air zamzam  yang dijual. Rasa dari air zamzam  cenderung getir seperti air tanah, dan memiliki tekstur yang berbeda dengan air biasa.

4. Melihat  warna air zamzam

Cara mengetahui beda  air zamzam asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan melihat warna air dari waktu ke waktu. Berbeda dengan air biasa yang akan berubah warna jika disimpan dalam waktu yang lama, air zamzam tidak akan berubah warna walaupun disimpan hingga puluhan tahun lamanya.

5. Pengecekan TDS air

Cara terakhir ini cukup sulit dilakukan dan menggunakan metode ilmiah. Cara tersebut yaitu dengan mengukur Total Dissolved Solid (TDS) dari air zamzam  yang akan dibeli.

Satuan TDS bisa mengukur kadar total padatan (logam, mineral, maupun garam) yang larut dalam sejumlah volume air. TDS dari air zamzam  asli berkisar antara 400 hingga 500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya