SOLOPOS.COM - Ilustrasi suami istri sedang marahan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah cara untuk memaafkan suami yang ketahuan selingkuh seperti dilakukan Dewi Gita terhadap Armand Maulana di masa lalu. Untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri, simak ulasannya di tips asmara kali ini.

Sebagaimana diketahui pengakuan Dewi Gita bahwa suaminya Armand Maulana pernah selingkuh mengejutkan banyak orang. Kendati suaminya mendua, Dewi Gita memaafkan perbuatan suaminya.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Namun dia mengaku hal itu tak mudah lantaran luka tersebut masih tetap ada. “Luka itu buat aku memang tidak akan pernah sembuh. Tapi bagaimana kita caranya bisa hidup, bisa berdiri di atas luka-luka itu,” kata Dewi Gita saat jadi bintang tamu di acara Rumpi dikutip dari kanal YouTube Trans TV Official pada Selasa (23/1/2024).

Bagi Anda para istri yang ingin mempertahankan keutuhan rumah tangga seperti Dewi Gita, ketahui sejumlah cara untuk memaafkan suami yang selingkuh. Ini bukan hal mudah.  Meski Anda berusaha bertahan dalam pernikahan yang tidak setia, memikirkan suami tercinta selingkuh dengan orang lain, membuat darah Anda mendidih.

Anda terus bertanya-tanya dan berusaha mencari jawaban atas pertanyaan seperti bagaimana cara memaafkan suami yang selingkuh. Anda mungkin ingin memahami pengkhianatannya, tetapi hal itu biasanya sulit dipahami.

Alasan perselingkuhan bisa apa saja, mulai dari kesulitan dalam pernikahan, masa lalunya, atau sekadar ketertarikan pada orang lain. Yang terbaik adalah berdamai agar Anda tidak pernah memiliki alasan yang memuaskan atas ketidaksetiaan dan perselingkuhannya.  Pengkhianatan yang menyakitkan terhadap kepercayaan terlalu berat untuk diatasi. Namun, jika pasangan Anda menyesali perbuatannya dan bahkan lebih menderita dari Anda, Anda mungkin merasa termotivasi untuk bertahan bersama dan menyelamatkan pernikahan.

Jika Anda adalah seseorang yang kesulitan mengetahui cara memaafkan suami karena selingkuh, Anda harus berpikiran terbuka. berikut ini sejumlah tipsnya dikutip dari laman marriage.com pada Selasa (23/1/2024):

1. Penerimaan terlebih dahulu

Tidak mungkin Anda belajar memaafkan pasangan jika Anda tidak menerima kebenaran atas apa yang telah terjadi.  Berada dalam penyangkalan dapat membantu Anda menghindari rasa sakit, namun pada akhirnya, masalah dalam hubungan Anda bisa menjadi lebih buruk.

Jadi, belajarlah menerima bahwa pasangan telah mengkhianati kepercayaan Anda karena mungkin saja ada yang salah dalam hubungan Anda. Penerimaan adalah langkah pertama menuju pemulihan.

2. Jangan abaikan emosi Anda

Cara berikutnya untuk memaafkan suami karena selingkuh yaitu jangan mengabaikan perasaan atau emosi Anda. Wajar jika merasa terpukul, marah, patah hati, kaget, atau sedih saat memergoki suami selingkuh. Akui perasaan Anda, dan jangan abaikan emosi Anda; hadapi mereka.

Jika Anda lari dari perasaan Anda, semua emosi pada akhirnya akan menumpuk di dalam diri Anda, dan Anda bisa meledak seperti bom. Anda mungkin terluka dan bertanya-tanya bagaimana cara memaafkan pasangan Anda dan melanjutkan hidup.  Namun, emosi paling dominan yang mungkin Anda rasakan adalah kemarahan. Anda pasti ingin melampiaskan amarah Anda dengan menyakiti suami Anda yang selingkuh atau dengan membalas dendam.

Namun, cobalah untuk menyalurkan kemarahan ini untuk memperbaiki hubungan Anda alih-alih semakin merugikan dengan kata-kata kasar Anda.

3. Memaafkan

Tidak mudah mempertimbangkan pengampunan bagi suami yang menduakan Anda.  Ketika orang yang telah Anda janjikan untuk tinggal bersama dan Anda cintai selamanya berselingkuh, naluri pertama Anda adalah mengutuknya dan tidak pernah memaafkannya. Memaafkan pasangan yang selingkuh memang tidak mudah.

Tapi, maafkan suamimu bukan karena dia menyesal dan sudah jutaan kali meminta maaf; maafkan dia atas ketenangan pikiranmu karena kamu pantas mendapatkannya. Penelitian menunjukkan kepada kita bahwa melepaskan kesalahan dan mempraktikkan pengampunan adalah penting untuk pernikahan yang sejahtera.

4. Saling memberi ruang

Cara berikutnya memaafkan suami yang selingkuh adalah saling memberi ruang. Jika suami Anda baru saja selingkuh, tentu Anda ingin dia selalu berada di dekat Anda, di mana Anda bisa mengawasinya. Perlu Anda ingat bahwa setelah Anda berencana memaafkan suami, Anda harus memercayainya dan tidak terburu-buru dalam prosesnya.

Jangan menjadi pasangan yang melekat, terus-menerus bersama pasangan Anda. Luangkan waktu untuk berpisah dan satukan pikiran Anda. Saat Anda merasa siap untuk tinggal bersamanya lagi, kembalilah bersama dengan awal yang baru.

5. Akui peran Anda

Jika Anda mencoba untuk benar-benar memperbaiki hubungan Anda setelah pasangan Anda berselingkuh, Anda harus mencoba mengenali apakah ada hal-hal yang dapat Anda lakukan secara berbeda.  Perselingkuhan pasangan Anda bisa jadi merupakan gejala adanya masalah yang lebih dalam dalam pernikahan Anda. Baik Anda maupun pasangan mungkin mengabaikan hal ini karena rasa berpuas diri atau jadwal sibuk Anda. Akui kontribusi Anda terhadap masalah dan bantu Anda memperbaiki keadaan dengan cara yang lebih baik.

6. Mulai dari awal

Bangun pernikahan baru dan jadikan tujuan Anda untuk bertahan dari kemarahan dan rasa tidak aman. Anda dan suami perlu saling meyakinkan untuk keluar dari masa sulit ini.  Pelajari cara memaafkan orang yang selingkuh terlebih dahulu, beri dia kesempatan kedua, dan Anda mungkin akan segera melihat perubahan pada suami Anda.

7. Bicaralah dengan orang kepercayaan

Jika Anda kesulitan memaafkan suami yang selingkuh, cara terbaik adalah bicaralah dengan anggota keluarga dekat atau teman, karena ini dapat membantu Anda memproses emosi dengan lebih baik.  Orang yang Anda kasihi dapat membimbing Anda ketika mencoba menemukan cara efektif untuk belajar memaafkan suami. Mereka dapat memberi tahu Anda cara melakukan hal ini tanpa mengorbankan harga diri Anda.

Jika Anda menemukan cara yang tidak sehat untuk menghadapi situasi tersebut, orang yang Anda cintai juga dapat menunjukkan jika Anda menemukan cara yang tidak sehat untuk menghadapi situasi tersebut.

8. Jangan membicarakan orang lain

Meskipun Anda tergoda untuk bertanya dan berkomentar tentang pasangan selingkuhan pasangan Anda, hal ini sering kali tidak produktif.  Hentikan diri Anda untuk membicarakan pasangan yang selingkuh saat mencoba belajar memaafkan suami, karena hal ini dapat semakin mengganggu Anda dan terus-menerus mengingat kembali pengkhianatan tersebut.

9. Jangan salahkan diri Anda sendiri

Anda mungkin menemukan alasan untuk menyalahkan diri sendiri sepenuhnya atas perselingkuhan pasangan Anda.  Menyalahkan diri sendiri bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mental dan harga diri Anda. Ini juga mengalihkan kemarahan yang Anda rasakan terhadap suami atau situasi terhadap diri Anda sendiri.

Dengan menyalahkan diri sendiri, Anda mungkin mencoba membebaskan pasangan Anda dari tanggung jawab atas tindakannya. Ini tidak akan sehat bagi pertumbuhan pasangan Anda.

10. Bangun kembali kepercayaan

Cara berikutnya untuk memaafkan suami selingkuh adalah bangun kemballi kepercayaan kepada pasangan Anda. Selingkuh sering kali mencakup rusaknya kepercayaan yang ada di antara pasangan. Jika selama ini Anda bertanya, “Bagaimana caranya memaafkan suami saya yang selingkuh,” Anda perlu berupaya secara aktif untuk membangun kembali kepercayaan Anda.



Kepercayaan sangat penting dalam hubungan apa pun, terutama hubungan yang sudah rusak. Tanpa kepercayaan, luka perselingkuhan bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu dan menghancurkan cinta di antara Anda berdua.

11. Atasi akar masalahnya

Perselingkuhan biasanya merupakan gejala dari masalah yang lebih signifikan dalam hubungan. Untuk mengatasi masalah ini, memaafkan suami yang selingkuh tidak ada gunanya.

Luangkan waktu untuk memahami apa yang menyebabkan dia berbuat curang dan lihat apakah ada cara untuk mengatasi masalah ini secara positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya