SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak tidak mau ditinggal di sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Libur sekolah telah usai dan anak-anak kembali untuk bersekolah, ketahui sejumlah cara untuk mengatasi anak yang tidak mau ditinggal di sekolah. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Pada Senin (17/7/2023) merupakan hari pertama masuk sekolah. Tak sedikit anak, terutama anak usia prasekolah, bakal enggan atau malas untuk kembali ke bangku sekolah.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Tidak semua anak dapat menikmati momen ini karena sejumlah alasan. Mungkin ada sebagian orang tua yang tak tega untuk meninggalkan anaknya di sekolah, sehingga mereka memilih untuk tetap menemani anak.

Berikut ini sejumlah cara agar anak mau ditinggal di sekolah seperti dikutip dari klikdokter.com pada Minggu (16/7/2023):

1. Tunjukkan Rasa Empati

Anak yang merasa takut untuk ditinggalkan di sekolah pastinya memiliki alasan tersendiri oleh sebab itu dengarkanlah keluh kesah yang mereka alami di sekolah dan jangan marahi anak.

2. Beri pemahaman positif

Cara berikutnya mengatasi anak tidak mau ditinggal di sekolah yaitu berikan pemahaman positif bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan agar ia betah dan tidak lagi merasa takut dengan lingkungan barunya.  Misalnya saja dengan mengatakan bahwa di sekolah mereka bisa bermain dengan teman-temannya dan melakukan aktivitas yang lebih seru daripada di rumah seperti olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler.

3. Meninggalkan Anak secara Bertahap

Ini adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan para orang tua untuk meninggalkan anaknya di sekolah. Namun, beberapa orang tua melakukannya dengan diam-diam pergi, padahal hal ini dapat membuat Si Anak merasa cemas dan dapat membutanya lebih lengket kepada orang tua di hari berikutnya.

Ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya terlebih dahulu, lalu lalu mulailah dengan menjaga jarak dengan Si Anak, dan jika Si Anak suda mulai fokus dengan teman-temannya beritahu ia bahwa anda harus pergi berikan pemahaman yang mudah anak mengerti bahwa Anda juga harus melakukan hal lainnya dan disekolah ia akan baik-baik saja.

4. Memberi Tahu Kebiasaan Anak Kepada Guru

Agar Si Kecil bisa merasa nyaman , ibu juga perlu melibatkan guru. Beritahukan pada guru di kelasnya tentang jadwal Si Kecil ke toilet, makanan kesukaannya, dan kegiatan yang paling ia sukai dengan demikian, guru dapat mengerti cara dan sigap menangani buah hati bila ia mulai merasa bosan dan merajuk.

5. Membawa Barang Kesayangannya

Cara berikutnya mengatasi anak tidak mau ditinggal di sekolah yaitu bawalah barang kesayangannya. Jika Anda ingin anak merasa lebih nyaman di sekolah, masukkan benda-benda kesayangannya di dalam tas seperti mainan, boneka, atau pensil berwarna kesukaannya. Hal ini bertujuan agar Si Anak merasa nyaman di sekolah karena situasi seperti berada di rumah melalui barang tersebut. Bila memang tidak memungkinkan untuk membawa barang kesukaannya, orang tua bisa juga menyiapkan bekal makanan untuk anak agar ia lebih semangat bersekolah.

6. Beri Pujian

Jika anak sudah mau ditinggal di sekolah tanpa ada drama mulailah untuk memberi pujian atau reward. Seperti memberikan pujian atau membuatkan makanan favoritnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya