SOLOPOS.COM - Ilustrasi menderita sakit flu. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah cara cepat menghalau flu dari tubuh dan Anda bisa kembali beraktivitas secara normal. Di musim penghujan, penyakit ini bisa dengan mudah menyerang tubuh Anda dan itu sangat mengganggu. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Meski bukan termasuk penyakit berat, namun jika tubuh sudah terkena flu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini lantaran gejala flu seperti kepala terasa pusing, hidung tersumbat, hingga batuk-batuk bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Cara terbaik untuk mengatasi flu dengan cepat adalah dengan istirahat dan tetap terhidrasi. Namun ada beberapa hal tambahan yang dapat Anda coba untuk membantu diri Anda merasa lebih baik. Jika Anda berisiko mengalami komplikasi flu, Anda mungkin juga ingin memeriksakan diri ke dokter.

Berikut ini sejumlah cara cepat untuk menghalau flu dikutip dari healthline.com pada Rabu (17/1/2024):

1. Tetap di rumah

Tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu, yang berarti rutinitas harian Anda harus dikesampingkan.  Anda mungkin tergoda untuk berbelanja bahan makanan atau mencuci pakaian terlebih dahulu selama sepekan, namun hal tersebut justru merugikan diri sendiri. Tinggallah di rumah dari tempat kerja atau sekolah, dan tundalah tugas sampai Anda mulai merasa lebih baik.

2. Hidrasi

Cara lain untuk menghalau flu dengan cepat adalah hidrasi. Salah satu gejala flu adalah demam tinggi yang bisa menyebabkan berkeringat. Anda mungkin juga mengalami serangan muntah atau diare. Tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang, dan bahkan lebih banyak lagi untuk melawan infeksi.

Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi Anda juga bisa minum teh herbal atau teh dengan madu. Ini dapat memberikan efek menenangkan pada gejala Anda sekaligus menjaga Anda tetap terhidrasi. Namun, ada dua hal yang harus selalu Anda hindari adalah alkohol dan kafein.

3. Tidurlah sebanyak mungkin

Tidur adalah obat terbaik untuk tubuh Anda saat melawan flu. Menonton TV sambil meringkuk di sofa bukanlah ide yang buruk, tetapi Anda tidak boleh menonton acara Netflix favorit Anda secara berlebihan sepanjang malam.

Tidurlah lebih awal dari biasanya dan tidurlah lebih nyenyak. Anda juga bisa tidur siang di siang hari agar tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk pulih.  Istirahat dan tidur juga mengurangi risiko komplikasi flu yang serius, seperti pneumonia.

4. Kemudahan pernapasan Anda

Sulit tidur karena hidung tersumbat dan batuk? Cobalah tips berikut untuk bernapas lebih lega dan tidur malam lebih nyenyak:

– Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala Anda dan mengurangi tekanan sinus.
– Tidur dengan pelembab udara atau alat penguap di dalam ruangan.
– Minum yang hangat
– Mandi air hangat sebelum tidur.

5. Makan makanan sehat

Cara cepat menghalau flu berikutnya adalah makan makanan sehat. Anda mungkin tergoda untuk menenggelamkan kesedihan Anda dalam semangkuk es krim dan sekantong keripik kentang, namun tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang lebih baik untuk pulih dari flu.

Buah-buahan dan sayuran segar menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang memperkuat sistem kekebalan Anda saat melawan virus.

Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan yang besar, namun tetap penting untuk makan secara teratur untuk menjaga kekuatan Anda.

6. Menambah kelembapan pada udara

Udara kering dapat memperburuk gejala Anda. Alat penguap atau pelembab udara menambah kelembapan pada udara dan dapat membantu mengendurkan kemacetan.

Ada banyak jenis pelembap dan alat penguap yang tersedia di pasaran. Contohnya termasuk pelembap kabut dingin dan alat penguap uap. Ini dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang wajar di toko besar setempat, apotek, atau online.

7. Minumlah sesendok madu untuk meredakan batuk

Cara berikutnya menghalau flu adalah minum sesendok madu. Madu adalah obat alami yang cukup umum untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. Mencampur madu dengan teh adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi sekaligus mengobati gejala flu Anda.

Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa dosis madu lebih efektif dalam mengendalikan batuk malam hari dibandingkan obat penekan batuk pada anak usia dua hingga 18 tahun yang menderita infeksi saluran pernapasan atas.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun.

8. Tetap positif

Kita sering lupa betapa emosi dan sikap kita memengaruhi perasaan kita secara fisik. Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengatasi hidung tersumbat atau menurunkan demam dengan pikiran positif, menjaga sikap positif selama sakit dapat membantu pemulihan Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya