SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyeduh teh celup. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar tetap bermanfaat bagi tubuh, ketahu cara yang benar menyeduh teh celup.  Selain kopi, Indonesia juga terkenal dengan produksi tehnya yang cukup mendunia. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Konsumsi teh memiliki beberapa manfaat untuk tubuh dan memiliki tingkat kafein yang tidak setinggi kopi sehingga masih aman di lambung.

Promosi Membangun Jejaring dan Komunitas Pacu UMKM Naik Kelas dan Ekspor

Bagi masyarakat yang ingin menikmati teh yang bermanfaat bagi tubuh, Pemilik Petik Tea Bar Bimbi Mahesa membagikan tips menyeduh teh celup yaitu jangan lebih dari tiga menit di dalam gelas dan gunakan air dengan suhu 60 derajat Celcius-80 derajat Celsius.

“Tea blend atau teh celup, maksimal tiga menit dalam gelas, kalau sudah tiga menit angkat, kalau terlalu lama terlalu pekat dan nggak bagus buat tubuh,” ucap Bimbi dikutip dari Antara pada Sabtu (18/11/2023).

Bimbi mengatakan teh celup yang sudah sekali dipakai masih bisa dipakai kembali 2-3 jam setelahnya, namun harus disimpan di wadah tertutup agar teh tidak teroksidasi dengan udara. Teh yang terlalu lama berada dalam gelas dengan kondisi suhu air yang panas, akan terasa terlalu pekat dan mengakibatkan masalah pada ginjal.

Dikutip dari halodoc.com pada Sabtu (18/11/2023), kantung teh yang dicelup terlalu lama bisa menyebabkan teh menjadi lebih kental dan merusak rasa. Ketika dikonsumsi, konsistensi teh yang terlalu kental bisa memberi dampak pada tubuh. Teh yang terlalu kental bisa memberikan efek pada ginjal, dan mengganggu kinerjanya. Lantas berapa lama sebaiknya teh dicelup dalam air?

School of Tea Organization merekomendasikan, kantung teh rata-rata bisa diseduh selama 2-5 menit dalam suhu 70-100 derajat Celcius, tergantung jenis tehnya. Contohnya, untuk teh hitam kamu boleh menyeduhnya hingga 5 menit. Sementara teh herbal aman untuk diseduh selama 3-5 menit.

Selain bisa memberi dampak kesehatan, menyeduh teh dalam waktu yang terlalu lama bisa membuang kandungan sehat yang dimilikinya, seperti antioksidan dan kafein yang dibutuhkan tubuh. Jadi, pastikan untuk tidak menyeduh teh dengan air yang terlalu panas dan waktu terlalu lama agar kandungannya tidak hilang.

Cara menyeduh teh celup yang benar sebaiknya kamu juga perlu tahu bahwa teh celup memiliki perbedaan dengan daun teh. Salah satu perbedaannya adalah waktu penggunaan dari bahan ini. Teh yang berbentuk daun bisa diseduh hingga empat sampai lima kali. Apalagi kalau daun teh yang digunakan adalah kualitas terbaik, maka daun tersebut bisa diseduh bahkan hingga delapan kali.

Sedangkan kantong teh celup sudah didesain untuk satu kali pakai. Meski kantung teh celup berisi daun yang sama, namun proses panjang yang dilewati membuatnya menjadi berbeda. Teh celup hanya boleh diseduh satu sampai dua kali saja. Tentunya saja tidak mencelupkan kantung teh terlalu lama di dalam air.

Tapi jangan khawatir, jika diproses dengan cara yang tepat teh celup dapat memberi manfaat sehat bagi tubuh. Cara terbaik untuk mengonsumsi teh jenis ini dengan mencelupkan kantung ke dalam air panas dan diamkan hingga warna teh keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya