SOLOPOS.COM - Ilustrasi durian kupas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada baiknya kita mengetahui cara yang tepat untuk menyimpan durian di dalam kulkas  supaya buah bercita rasa legit ini bisa awet hingga esok hari. Ya, tak jarang kita ingin memakan buah ini untuk besok karena jika disantap sekali makan kadang bikin kenyang.

Buah durian hanya panen di musim tertentu dalam setahun sehingga ketersediaannya terbatas. Meski begitu daging durian bisa bertahan selama setahun jika disimpan di dalam mesin pembeku atau freezer.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dengan mengetahui cara menyimpan durian kupas di dalam kulkas, kita bisa menjaga kualitas dan rasanya.  Berikut ini tiga tips menyimpan buah durian dengan menggunakan freezer seperti dikutip dari flash-freeze.net pada Kamis (3/2/2022):

Baca Juga: Langka! Pohon Durian Malika Asli Semarang Cuma Ada 1 di Dunia

1. Kupas Dan Pisahkan Daging Durian Dari Bijinya

Langkah pertama menyimpan durian kupas di kulkas adalah kupas dan pisahkan daging dari bijinya. Buah durian yang belum dikupas sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam freezer. Menyimpannya di suhu ruang bisa membantu agar buah durian menjadi lebih matang. Namun jika buah durian sudah matang sebaiknya segera kupas dan ambil dagingya agar bisa disimpan di dalam freezer dalam waktu lama.

Baca Juga: Inilah Sentra Durian Banyumas, Terbaik Se-Indonesia

2. Bungkus Terlebih Dahulu Sebelum Dimasukkan Ke Dalam Freezer

Daging durian yang sudah dikupas sebaiknya dibungkus terlebih dahulu menggunakan plastik atau masukkan ke dalam wadah kedap udara. Dengan cara ini, kesegaran buah durian dapat tetap terjaga.

3.  Jangan Terlalu Sering Keluar Masuk Kulkas

Daging durian sudah dikeluarkan dari mesin freezer sebaiknya segera dikonsumsi. Memasukkan daging durian ke dalam freezer berkali-kali justru malah menyebabkan perubahan rasa karena adanya perubahan suhu yang memicu proses perubahan kimia pada daging buah durian.

Baca Juga: Tempat Makan Durian Murah di Semarang, Bonus View Alami

Buah durian adalah jenis buah yang sangat banyak peminatnya di tanah air. Daging durian dengan rasa durian asli, cocok untuk dinikmati langsung atau dibuat varian makanan dan minuman seperti pancake durian, jus durian, soup durian, es krim. dll.

Pengusaha olahan durian biasanya menggunakan mesin freezer komersial yang digunakan sebagai storage atau tempat penyimpanan produk. Salah satu freezer komersial yang banyak digunakan adalah jenis chest freezer. Dengan menggunakan chest freezer, produk olahan durian seperti pancake durian bisa disimpan dalam waktu lama dan dijual sepanjang tahun.

Meski begitu, penggunaan chest freezer memiliki kelemahan. Produk olahan durian yang baru dikeluarkan dari chest freezer harus segera dikonsumsi. Jika tidak segera dikonsumsi, maka rasanya akan berubah dan daging durian akan mengalami pembusukkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya