SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita Covid-19 melakukan isolasi mandiri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia DR. dr. Erlina Burhan, Sp.P(K) memberikan kiat bagi masyarakat untuk menyikapi Covid-19 pada masa endemi, mulai dari pemakaian masker hingga isolasi mandiri atau isoman ketika terdeteksi positif. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

“Jadi memang pada situasi endemi, gejala-gejala Covid-19 ini sudah dianggap seperti flu biasa,” kata Erlina dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Presiden Joko Widodo resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia dan menggantinya dengan status endemi pada Rabu (21/6/2023). Keputusan itu, kata Presiden Jokowi, diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka kasus konfirmasi harian Covid-19 yang mendekati nihil.

Erlina menilai perlu banyak edukasi kepada masyarakat agar dapat bertindak dengan tepat saat menghadapi virus SARS-CoV-2 setelah perubahan status dari pandemi menjadi endemi.

Erlina menjelaskan isoman tidak lagi diperlukan bila seseorang terinfeksi Covid-19, dengan catatan, gejala yang dialami masih masuk dalam kategori ringan, seperti flu atau batuk. Orang positif Covid-19 dengan gejala ringan masih diperbolehkan beraktivitas seperti biasa dan harus memakai masker serta tidak melepasnya bila berada dengan orang lain atau di keramaian.

“Kalau memang ternyata gejalanya ringan saja seperti flu, saya kira masih tetap bisa beraktivitas, tapi saat berinteraksi dengan orang lain harus pakai masker, ingat, ya, supaya tidak menularkan. Kalau sudah terkonfirmasi dan gejalanya cukup berat, maka isolasi masih dibutuhkan,” kata Erlina.

Meski begitu, Erlina mengatakan bahwa endemi bukan berarti virus Covid-19 sudah tidak lagi eksis. Status endemi menunjukkan penanganan Covid-19 sudah dapat terkendali dengan baik, serta tingkat imunitas masyarakat Indonesia sudah hampir seluruhnya baik dan memiliki antibodi Covid-19 berkat vaksinasi.

Pemakaian masker, menurut dokter spesialis paru itu, merupakan kesadaran bagi masing-masing individu. Meski negara sudah membebaskan soal pemakaian masker, orang dengan penyakit imunitas serta penyakit bawaan disarankan untuk tetap memakai masker bila berada pada keramaian.

“Bila memiliki penyakit yang berhubungan dengan imunitas yang mudah tertular, kalau punya risiko untuk mudah sakit, pakai lah masker untuk melindungi diri, tidak masalah mengenakan masker di keramaian walaupun tempatnya sudah tidak menerapkan penggunaan masker,” ujar Erlina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya