SOLOPOS.COM - Ilustrasi tiga dimensi sperma. (Freepik)

Solopos.com, Jakarta-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo membagikan kiat menjaga kesehatan reproduksi bagi pria, terutama kualitas sperma. Simak ulasannya di info kesehatan kali ini.

“Sperma diproduksi berdasarkan hormon yang diproduksi otak dan testis. Tetapi ada juga enzim yang diproduksi hati. Jadi kalau hatinya rusak, spermanya tidak akan bagus. Maka orang yang merokok, mohon maaf spermanya tidak bagus,” kata Hasto dikutip dari Antara pada Sabtu (24/2/2024).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Dia mengatakan bahwa para pria dianjurkan untuk tidak merokok dan minum minuman beralkohol agar kualitas spermanya terjaga.

Selain itu, kiat lain untuk menjaga kualitas sperma adalah hindari berendam di air hangat. Sebab, menurut dia, berendam dalam air hangat dalam waktu lama dapat berdampak pada kualitas sperma.

“Berendam di air hangat terlalu lama dapat merusak dan menurunkan [kemampuan] pergerakan sperma menuju sel telur,” katanya.

Hasto juga mengingatkan bahwa para calon pengantin untuk memeriksakan kesehatan dan memasukkan data kesehatan ke aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil atau Elsimil.

Elsimil merupakan bagian dari alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, dan media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya