SOLOPOS.COM - Ilustrasi membeli pakaian dalam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada anggapan pemakaian bra kawat dalam menyokong payudara berbahaya bagi kesehatan karena dianggap dapat memicu kanker, apakah itu mitos atau fakta? Bagi kamu yang peduli kesehatan payudara, simak ulasannya di info sehat kali ini.

“Pasti tidak ada pengaruhnya [antara bra kawat dan kanker payudara],” kata kata spesialis bedah onkologi dari Universitas Indonesia Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid, MARS dikutip dari Antara pada Senin (31/7/2023).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Dia menjelaskan tidak ada bukti yang membuktikan kebenaran dari mitos hubungan antara pemakaian bra kawat sehari-hari dan risiko kanker payudara pada si pemakai.  Bra berfungsi sebagai penyokong payudara. Bahkan, ada sejumlah bra yang dirancang khusus untuk dipakai untuk pasien yang menjalani operasi payudara yang tujuannya memberikan bentuk payudara terlihat lebih baik.

Menurutnya belum ada penelitian yang membuktikan pemakaian bra kawat bisa berbahaya bagi kesehatan. “[Bra] Ada wire [kawat] enggak masalah, belum ada tulisan yang menjelaskan ada hubungannya [kawat dengan kanker payudara],” katanya.

Kendati tidak memicu kanker payudara, ketahui juga pemakaian bra kawat tetap berbahaya bagi tubuh. Berikut ini sejumlah risikonya dikutip dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia pada Senin (31/7/2023):

1.Kekencangan bra berkawat mengurangi gerakan dari tulang rusuk dan bagian depan badan, penurunan efisiensi jantung dan kinerja paru-paru.
Pada sebagian pemakainya diketahui bahwa ketika mereka memakai bra berkawat dalam jangka waktu yang lama akan membuat mereka mudah lelah.

2. Memakai bra kawat yang ketat juga berbahaya lantaran berpotensi mempengaruhi sistem pencernaan dengan menyempitnya kerongkongan karena tekanan yang diberikan bra. Kondisi tersebut akan berdampak pada efisiensi lambung dalam mencerna makanan, khususnya karbohidrat.

3. Memakai bra kawat yang terlalu ketat dalam jangka waktu lama bukanlah ide yang baik karena akan memberikan trauma pada bagian tengah dada yang akan merugikan jantung dan fungsi sirkulasi darah.

4. Memakai bra kawat akan menghasilkan listrik dari panas tubuh lebih dari yang diperlukan.

5. Memakai bra kawat yang terlalu ketat juga berbahaya bagi sirkulasi aliran darah antara bagian atas dan bagian bawah tubuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya