SOLOPOS.COM - ILustrasi sakit perut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Ada sebuah kepercayaan di masyarakat yang menyebut dengan memegang batu disebut-sebut bisa untuk menahan buang air besar, benarkah anggapan tersebut?

Kebelet untuk buang air besar, sedangkan kamu sedang berada di jalan dan jauh dari akses toilet tentu membuat siapa saja kebingungan. Biasanya, untuk mengatasi hal tersebut, mereka akan mencari batu untuk dipegang atau dikantongi agar bisa menahan BAB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, mereka juga akan mengalihkan pikirannnya ke hal lain sehingga rasa ingin untuk buang air besarnya hilang.

Namun, yang menjadi pertanyaan masyarakat benar enggak sih memegang batu bisa menahan buang air besar?

Mengutip penjelasan pengguna akun Quora Krisna Adi yang menyebut dirinya dokter anak di RS Mitra Keluarga Slawi, hal tersebut ternyata mitos belaka. Berdasarkan penuturan dia, tanpa menggunakan batu, buang air besar juga bisa ditahan.

“Intinya menahan hasrat BAB sangat dimungkinkan, dengan batu atau tanpa batu,” bunyi penjelasan dia.

Terkait benar atau tidaknya menahan buang air besar dengan cara memegang batu, dalam penelitian di laman Swiss German University, 67% sampel penelitian percaya akan mitos tersebut.

Dari hal tersebut, peneliti menyebut ada faktor sugesti yang muncul di pikiran mereka sehingga bisa manjur. “Hal paling utama yang membuat mitos ini berhasil dengan tujuannya adalah adanya sugesti dan kepercayaan subjek bahwa batu yang sedang ia gunakan akan berhasil meredakan hasrat buang air besarnya,” bunyi penjelasan dalam penelitian tersebut.

Meski memegang batu hanya bersifat sugesti saja, ada beberapa cara lain agar bisa untuk menahan buang air besar yang tentunya sehat dan tidak membahayakan. Beberapa di antaranya, hindari duduk atau jongkok serta tidak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mengontraksikan otot yang ada di anus dengan cara meremas bokong erat-erat dari dalam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya