SOLOPOS.COM - Ilustrasi rendang. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Salah satu makanan populesr Indonesia adalah rendang. Makanan berbahan dasar daging asal Padang, Sumatera Barat ini memang dikenal sebagai makanan yang lezat dengan bumbu dan citarasa yang khas.

Tapi ngomong-ngomong, berapa sih nilai kalori dari rendang? Berikut catatan Hellosehat.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Dalam setiap porsi (240 gram), kalori rendang daging dapat mencapai sekitar 468 kkal. Sementara itu, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam sajian 100 gram rendang terdapat kalori sekitar 193 kkal.

Jumlah kalori ini bisa bervariasi, tergantung ukuran daging, bagian daging, hingga bumbu rendangnya. Umumnya, bumbu olahan daging ini memiliki kalori sekitar 25 kkal tiap 10 gram sajian. Rendang ini juga mempunyai berbagai kandungan zat gizi penting lainnya seperti berikut ini.

 

  • Protein: 22,6 gram.
  • Karbohidrat: 7,8 gram.
  • Lemak: 7,9 gram.
  • Kalsium: 474 miligram.
  • Fosfor: 211 miligram.
  • Zat besi: 14,9 miligram.

 

Kalori macam-macam rendang

Selain rendang daging, masyarakat bisa menggunakan bumbu rendang untuk memasak menggunakan bahan lainnya, seperti daging ayam dan jengkol.

Berikut ini rincian kalori rendang daging, rendang ayam, dan rendang jengkol dalam setiap 100 gram sajian.

 

  1. Kalori rendang daging

Daging sapi dengan 5% lemak 50 gram: 68 kkal

Bumbu rendang 50 gram: 125 kkal.

Total kalori: 193 kkal

  1. Kalori rendang ayam

Dada ayam dengan kulit 50 gram: 86 kkal.

Bumbu rendang 50 gram: 125 kkal.

Total kalori: 211 kkal.

  1. Kalori rendang jengkol

Jengkol 50 gram: 96 kkal.

Bumbu rendang 50 gram: 125 kkal.

Total kalori: 221 kkal.

Jumlah kalori dalam 100 gram masakan padang ini dapat memenuhi sekitar 10 – 11% Angka Kecukupan Gizi Harian (AKG).

 

Apakah rendang aman untuk diet?

Makan rendang saat diet boleh saja, tapi tidak baik untuk program diet kamu. Rendang tinggi kalori sehingga kamu sangat perlu membatasi konsumsinya.

Jumlah kalori yang cukup tinggi ini didapat dari kandungan lemak pada bahan lauk maupun bumbunya. Dalam seporsi rendang daging terdapat lemak sekitar 26,5 gram atau setara dengan 238 kkal.

Sementara rekomendasi asupan lemak harian hanya berkisar maksimal 30% dari total kalori harian, yaitu sekitar 495–645 kkal. Itu artinya, mengonsumsi seporsi daging rendang sudah mencukupi setengah kebutuhan lemak harian kamu.

Jika ingin diet sukses, kamu sebaiknya tidak makan rendang, apalagi saat menjalani diet rendah lemak. Pilihlah sumber protein yang lebih menyehatkan seperti ikan, telur, tempe dan tahu.

Selain itu, kamu perlu melakukan defisit kalori sekitar 500 kkal sehingga asupan kalori harian menjadi sebesar 1650 – 2150 kkal per hari.

 

Cara sehat makan rendang

Meskipun kalorinya cukup tinggi, kamu tentu masih bisa menikmati masakan padang ini. Namun, sebaiknya perhatikan cara sehat makan rendang agar tidak menyebabkan pertambahan bobot tubuh drastis.

 

  1. Kurangi bumbu

Jamak diketahui bahwa nasi padang yang lezat memang bisa bikin kamu tergiur untuk menambah porsi. Padahal, kalori bumbu rendang ini terbilang cukup tinggi.

Jika kamu memasak rendang sendiri, kamu bisa mengurangi penggunaan bumbu rendang. Sedangkan saat membeli, mintalah penjual untuk menyajikan rendang dengan sedikit bumbu.



  1. Tambahkan sayur

Agar tidak tergiur menambah porsi nasi karena bumbu rendang yang menggoda, tambahkan lebih banyak sayur.

Kandungan serat pada sayur dapat membuat kamu lebih cepat kenyang. Selain itu, serat memperlambat gerakan makanan di dalam usus sehingga kamu jadi kenyang lebih lama.

 

  1. Pilih bagian yang minim lemak

Satu hal yang tak kalah penting kamu bisa memilih bagian daging yang minim lemak agar asupan kalori tidak berlebih.

Daging has dalam dan dada ayam cenderung memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan daging tanjung (bagian punggung sapi) dan paha ayam.

Dengan mengetahui kalori rendang, kamu bisa mengatur konsumsinya agar tidak mengacaukan hasil diet yang ingin dicapai.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya