SOLOPOS.COM - Ilustrasi sperma. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sperma dipercaya bermanfaat dan bagus untuk  kesehatan kulit wajah, benarkah pendapat ini? Apakah ini hanya mitos atau fakta? Bagi kamu yang menginginkan kulit cerah, simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Ada pendapat yang mengatakan penggunaan sperma pada kulit bisa mengatasi jerawat dan penuaan dini. Alhasil tak sedikit orang penasaran dan ingin mencoba mengoleskan sperma pada kulit wajahnya.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Nah, daripada hanya menduga dan bertanya-tanya tentang manfaatnya untuk perawatan kulit sebaiknya ketahui dulu kandungan zat kimia di dalam sperma antara lain:

– Protein dan asam amino
– Kalsium
– Fruktosa dan glukosa
– Natrium
– Kalium
– Magnesium
– Urea
– Zinc
– Sitrat dan asam laktat

Di dalam air mani yang terdapat banyak sperma, juga terkandung beragam enzim dan antioksidan, seperti superoxide dismutase (SOD), glutathione, spermine, protease, dan kallikrein.  Berkat berbagai kandungan tersebut, sperma dianggap baik untuk perawatan kulit wajah tapi benarkah demikian?

Dikutip dari alodokter.com pada Rabu (11/1/2023), berkat kandungan vitamin C, zinc, urea, glutathione, dan spermine di dalamnya, sperma diklaim dapat membantu mengatasi jerawat dan penuaan dini kulit. Senyawa zinc ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang bisa mengatasi kemerahan kulit (redness) dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, vitamin C, urea, glutathione, spermine, dan zinc berkhasiat untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki jaringan kulit, sehingga bisa membantu mengurangi tampilan garis halus dan mengatasi masalah penuaan.

Spermine juga memiliki efek antioksidan dan antiradang yang bisa membantu mengatasi jerawat dan mengurangi flek hitam pada wajah. Walau begitu, kandungan zinc, vitamin C, dan antioksidan dalam spermine pada sperma terbilang sedikit.

Jadi untuk menjawab pertanyaan benarkah sperma baik untuk wajah,  jawabannya adalah hingga saat ini, belum ada riset yang dapat membuktikan bahwa sperma atau air mani terbukti aman dan efektif digunakan untuk mengobati jerawat dan mencegah penuaan dini pada wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya