SOLOPOS.COM - Transaksi di Toko Buku Togamas Jl dr Moewardi Solo, Senin (16/7/2012). Konsumen yang menggunakan kartu pelajar maupun kartu mahasiswa mendapatkan diskon hingga 20%. (FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

Transaksi di Toko Buku Togamas Jl dr Moewardi Solo, Senin (16/7/2012). Konsumen yang menggunakan kartu pelajar maupun kartu mahasiswa mendapatkan diskon hingga 20%. (FOTO: Lutfiyah/JIBI/SOLOPOS)

Kemudahan berbelanja menggunakan kartu pengambilan barang menarik perhatian konsumen. Tidak sedikit konsumen yang memanfaatkan kartu tersebut untuk mendapatkan barang terbaru yang mereka inginkan salah satunya Nurhamdiyah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Perempuan yang bekerja di perusahaan swasta di Solo ini memiliki kartu pengambilan barang dari empat toko, yakni Famous, Paris Group, Avalon dan SMS Fashion.

“Saya dapat kartu pengambilan barang dari teman di kantor. Saya baru memanfaatkannya sekali untuk memborong pakaian, lumayan bisa cicil dua kali,” ujarnya kepada Espos, Senin (16/7).

Berbeda dengan Diah yang baru memanfaatkan kartu pengambilan barang, Yeni Tri Hapsari justru sudah menikmati kemudahan berbelanja dua kali sejak beberapa tahun lalu. Saat ini, ia mengaku sudah menjadi agen untuk beberapa toko seperti Duta Mode, Paris Fashion, Milan Fashion, Swalayan Asia Baru dan Swalayan Atria.

“Menjadi agen keuntungannya juga menggiurkan karena bisa mendapatkan komisi 10% dari barang yang dibeli konsumen,” katanya.

Dia mengatakan masing-masing toko yang memberlakukan sistem belanja dengan kartu pengambilan barang memiliki aturan main yang berbeda seperti menentukan batas maksimal belanja. Di Supermarket Asia Baru misalnya untuk belanja kebutuhan rumah tangga di supermarket, setiap kartu batas belanjanya hanya Rp300 ribu, sedangkan untuk barang elektronik batas belanjanya Rp500.000.

“Cicilannya rata-rata bisa dua kali atau dua bulan kepada agen tapi kalau Supermarket Atria jangka waktu pembayarannya hanya 30 hari,” katanya.

Bagaimana cara mendapatkan kartu pengambilan? Menurut Pemimpin Avalon Fashion Store, Kusaminah, kartu tersebut bisa diperoleh dari penanggung jawab instansi yang bekerja sama dengan Avalon.

Menurutnya, instansi swasta maupun negeri bisa bekerja sama dengan tokonya untuk membantu pegawai dalam berbelanja khususnya membayar belanjaan dengan cara mencicil dua kali.

“Kalau instansinya bekerja sama dengan kami, siapa pun bisa mendapatkan kartu pengambilan barang asalkan ada yang bertanggung jawab,” katanya.

Sementara untuk kartu member yang mengeluarkan adalah masing-masing institusi yang bekerja sama dengan Avalon seperti Larissa, AA Skin Care dan Simas Card.

Kemudahan bekerja sama untuk mendapatkan kartu pengambilan barang juga diberikan Supermarket Atria. Selain melalui agen khusus, kartu pengambilan barang bisa diperoleh dari institusi masing-masing yang bekerja sama dengan Supermarket Atria baik swasta maupun negeri.

“Saat ini sudah ada 40 instansi yang bekerja sama dengan kami. Kalau pun ada yang ingin bergabung, asal ada penanggung jawabnya, bisa bekerja sama dengan kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya