SOLOPOS.COM - Ilustrasi berniat puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Menjelang Isra Mikraj 1445 H yang jatuh pada Kamis, 7 Februari 2024, banyak umat Islam yang bertanya-tanya tentang bolehkah melaksanakan puasa sunah Senin dan Kamis?

Pada Kamis (8/2/2024) ditetapkan sebagai hari libur nasional lantaran diperingati sebagai Isra Mikraj 1445 H. Berhubung jatuh pada hari Kamis, banyak umat Islam yang menginginkan untuk melakukan puasa sunah di hari Kamis. Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW sering melaksanakan puasa Senin dan Kamis.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Bahkan, Nabi Muhammad menganggap Senin dan Kamis merupakan hari yang istimewa. Syekh Bujairimi masih dalam kitabnya memberi keterangan sebagai berikut.

“Pemberitahuan: Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari Senin dan hari Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jumat. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari,” jelas Syekh Bujairimi yang dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Akan tetapi, boleh enggak sih melakukan puasa Senin Kamis di Isra Mikraj 2024?

NU dalam keterangannya mengatakan berpuasa saat Isra Mikraj diperbolehkan dan umat muslim yang menjalankannya bakal memperoleh pahala. Apalagi jika Isra Mikraj jatuh pada Senin dan Kamis, sangat dianjurkan untuk berpuasa.

“Rasulullah SAW bersabda: Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa. HR Turmudzi dan selainnya.”

Hal senada juga dijelaskan dalam laman Konsultasisyariah.com, berpuasa di Isra Mikraj 2024 juga diperbolehkan. Apalagi jika umat Islam rutin menjalani puasa sunah tersebut. Bukan karena Isra Mikraj, tapi karena hari kebiasaan puasanya, seperti Isra Mikraj yang bertepatan dengan hari Senin atau Kamis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya