SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang tua menunjukkan kemesraan di depan anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketika ayah dan ibu menunjukkan sikap bermesraan di depan anak banyak yang menganggap sebagai hal tabu. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa menjadi contoh positif dari suatu hubungan dan ekspresi kasih sayang orang dewasa. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Namun, penting untuk menetapkan batasan yang tepat agar anak merasa nyaman dan keterikatan tetap dalam batas wajar. Kasih sayang antara ayah dan ibu berperan dalam menciptakan lingkungan keluarga yang sehat dan harmonis.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Ketika orang tua menunjukkan cinta dan kedekatannya, secara tidak langsung mereka memberi contoh terkait dengan hubungan yang positif. Namun tentu saja perilaku yang ditunjukkan di depan buah hati bukan berupa hubungan intim, melainkan contoh perilaku yang menunjukkan ekspresi kasih sayang.

Kenali sikap bermesraan ayah dan ibu yang bisa dilakukan di depan anak seperti dikutip dari halodoc.com pada Minggu (25/6/2023):

1. Sentuhan dan Pelukan Hangat

Sentuhan fisik ayah dan ibu yang lembut adalah cara sederhana namun ampuh untuk menunjukkan cinta dan kedekatan. Ini bisa berupa pelukan erat saat bertemu di rumah, saling cium pipi atau berpegangan tangan sambil berjalan bersama.

2. Ayah dan Ibu Ungkapkan Kasih Sayang

Salah satu cara menunjukkan kasih sayang adalah dengan berbicara jujur dan lembut di depan anak. Mengucapkan kata-kata seperti “I love you” atau “I miss you” kepada pasangan secara terbuka dan tulus bisa menjadi contoh positif dalam mengungkapkan perasaan kepada orang yang tersayang.

3. Mendengarkan dan Menghargai

Menunjukkan sikap bermesraan di depan anak juga berarti mendengarkan dengan baik saat pasangan sedang berbicara. Itu menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap perasaan dan pendapat satu sama lain. Ketika anak-anak mengalami kedua orang tua mendengarkan satu sama lain dengan cermat, mereka belajar menghargai dan menghormati pendapat orang lain.

4. Ayah dan Ibu Tertawa Bersama

Tertawa adalah obat terbaik untuk membangun ikatan emosional yang kuat. Berbagi momen indah dan bersenang-senang adalah cara yang bagus untuk menunjukkan sikap bermesraan di depan anak-anak. Tertawa bersama menciptakan suasana kebahagiaan dan keceriaan dalam keluarga.

5. Kolaborasi dan Kebersamaan

Menunjukkan sikap bermesraan juga berarti bekerja sama dalam tim untuk mengatasi tantangan dan membuat keputusan sehari-hari. Anak-anak bisa melihat bahwa ayah dan ibu adalah pasangan yang saling mendukung dan bekerja sama untuk mengatasi masalah dan merencanakan masa depan.

6. Pujian dan Apresiasi

Salah satu cara paling efektif untuk menunjukkan sikap bermesraan adalah dengan memuji dan menghargai pasangan di depan anak. Mengapresiasi pencapaian satu sama lain dan berterima kasih atas kontribusi termasuk kedalam upaya untuk memperkuat ikatan emosional dan membangun rasa saling percaya dalam keluarga.

7. Momen Khusus

Penting untuk menciptakan momen spesial sebagai tanda kasih sayang ibu dan ayah dalam mempererat hubungan mereka. Kencan romantis atau liburan bersama adalah contoh betapa pentingnya bagi pasangan untuk memiliki waktu berkualitas bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya