SOLOPOS.COM - Ilustrasi penampakan kuyang. (Instagram/ @misterisolo)

Solopos.com, SOLO — Selain ada kuyang, masih banyak jenis hantu kondang yang menjadi mitos di Tanah Kalimantan. Tak dipungkiri, kisah misteri dari Kalimantan tak jarang membuat bulu kuduk berdiri.

Kuyang yang berwujud kepala manusia dengan organ dalam tubuh menjuntai sudah sangat seram untuk dibayangkan. Lalu makhluk apa lagi yang menjadi mitos di Kalimantan?

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Berikut makhluk halus yang menjadi mitos di Kalimantan dan memiliki wujud menyeramkan:

1. Rabing

Hantu menyeramkan di Kalimantan
Ilustrasi Rabing. (Youtube/ Der28 TV)

Dikutip dari Okezone, Jumat (10/12/2021), wujud hantu ini cukup aneh dan berupa benda mati, yakni tikar. Di Kalimantan, banyak yang meyakini rabing atau hantu banyu kerap menampilkan wujudnya di sungai.

Baca Juga: Asale Gunung Bromo, Muncul Setelah Letusan Dahsyat Gunung Tengger

Tak hanya berupa benda mati, Rabing terkadang muncul dengan wujud menyerupai penyu dengan cangkang yang lunak. Konon, orang yang menemukan rabing di sungai akan mengalami nasib tragis karena digulung makhluk ini hingga meninggal.

2. Mariaban

hantu menyeramkan di Kalimantan
Ilustrasi Mariaban. (Youtube/Cupstuwerd)

Hantu yang meyeramkan di Kalimantan selain kuyang yaitu Mariaban. Konon, mariaban adalah mahluk astral yang berpawakan besar dan berwarna merah seperti darah. Sosok mariaban kerap muncul di daerah pedalaman.

Sosok mariaban kerap digambarkan berbulu dan bisa dipelihara sebagai jimat untuk memikat lawan jenis yang disukai.

3. Anak Sima

Hantu menyeramkan di Kalimantan
Ilustrasi Anak Sima. (Facebook/ Jurnalis hantu)

Dikutip dari Suara.com, anak sima merupakan bayi yang lahir dari hubungan gelap. Bayi itu kemudian dibuang ibunya ke hutan karena merasa malu. Konon, si bayi yang dibuang dan dirawat hantu yang terkenal sakti di tanah Kalimantan bernama takau.

Baca Juga: Petilasan Ki Kebokanigoro Boyolali, Tempat Bersemedi Kabulkan Hajat

Anak sima yang dirawat hantu takau lalu diberi ilmu untuk memangsa manusia. Dalam mencari mangsa, anak sima menangis di hutan hingga ada orang yang menemukannya.

Saat si anak sima digendong oleh si penolong, ia akan memakan jantung manusia dengan memakan bagian punggung atau daging dada hingga tubuh korban berlubang.

4. Takau

Hantu menyeramkan di Kalimantan.
Ilustrasi Takau. (Youtube/ SI MIMEN)

Makhluk astral yang meyeramkan di Kalimantan selain kuyang selanjutnya adalah takau. Menurut kepercayaan warga Kalimantan, takau merupakan makhluk halus yang paling sakti.

Takau disebut memiliki kemampuan berubah-ubah wujud. Hantu ini biasanya berubah wujud mejadi kucing untuk menarik perhatian manusia.

5. Hantu Kambe

Hantu menyeramkan di Kalimantan
Ilustrasi hantu kambe. (Youtube/ Rizky Riplay)

Sosok hantu kambe disebut masyarakat Kalimantan berwujud setangah manusia dan kambing. Badan hantu kambing berwujud manusia dengan rambut yang panjang dan berkaki seperti kambing. Makhluk ini tidak menggangu manusia seperti hantu-hantu di atas, melainkan menggangu kambing.

Baca Juga: Hiii.. Perempuan Ini Ngaku Punya Pacar Hantu, Begini Kisahnya

Kemunculan hantu kambe bisa diketahui dengan suara kambing-kambing ternak yang ribut di malam hari. Konon, hantu kambe ikut menyusu pada induk kambing hingga muncul keriuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya