SOLOPOS.COM - Ilustrasi menahan lapar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Di bulan Ramadan yang penuh berkah, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Bukan hanya menahan nafsu dari godaan setan, puasa juga mengharuskan untuk menahan rasa lapar. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lapar.

Rasa lapar dan nafsu makan merupakan sinyal dari tubuh, yang mengisyaratkan bahwa tubuh mulai membutuhkan energi atau menginginkan jenis makanan tertentu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Merasa lapar adalah suatu hal yang normal dari tubuh. Akan tetapi, rasa lapar yang berlebihan dapat mengganggu kegiatan, terlebih di saat puasa yang memang diharuskan untuk tidak makan dan minum.

Umat muslim hanya dapat menyantap makanan di saat sahur dan berbuka. Untuk menahan rasa lapar, dapat disiasati dengan menu yang tepat saat sahur.

Dikutip dari Health Line, Kamis (23/3/2023), berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau bisa menahan rasa lapar:

  1. Makan Cukup Protein

Menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan saat sahur dapat meningkatkan rasa kenyang, menurunkan kadar hormon lapar, dan membantu untuk mengonsumsi lebih sedikit makanan pada waktu makan berikutnya. Sumber protein untuk menekan rasa lapar bukan hanya pada sumber hewani saja, seperti daging dan telur, tetapi juga protein nabati, seperti kacang-kacangan.

  1. Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat saat sahur membantu untuk merasakan kenyang dengan memperlambat pencernaan dan memengaruhi pelepasan hormon kenyang. Dengan begitu dapat membantu untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori.

  1. Minum Lebih Banyak Air

Bagi sebagian orang, air minum dapat membantu untuk menekan rasa lapar dan mendorong penurunan berat badan. Dengan meminum cairan rendah kalori saat sahur dapat membantu untuk makan lebih sedikit kalori tanpa membuat kelaparan.

  1. Makan dengan Perlahan

Ketika sedang merasa sangat lapar, seseorang akan terdorong untuk makan lebih cepat dan lebih banyak. Cara untuk mencegah hal tersebut terjadi, bisa dilakukan dengan memperlambat kecepatan ketika makann saat sahur. Makanan yang disantap dengan perlahan lebih mengenyangkan dibanding makanan yang disantap dengan cepat.

  1. Menggunakan Alat Makan yang Lebih Kecil

Makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit. Secara tidak sadar, makanan yang dikonsumsi akan lebih sedikit tanpa merasa kekurangan. Apabila makan menggunakan piring yang lebih besar cenderung akan membuat makanan yang dimakan lebih banyak pula.

Cara-cara tadi dapat dilakukan untuk menahan rasa lapar lebih lama selama puasa. Selain menahan lapar dan dahaga, sebagai umat muslim juga harus melakukan amalan-amalan selama Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya