SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencukur bulu ketiak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui cara mencukur bulu ketiak yang benar agar tidak menyebabkan noda gelap di kulit. Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Masalah ketiak yang bau saat berkeringat seringkali menyebabkan krisis kepercayaan diri bagi wanita. Area ketiak memang spesial. Selain karena tersembunyi di antara lekukan pangkal lengan, penumpukan bakteri dan keringat bisa menyebabkan masalah bau badan.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Tak heran banyak wanita memilih mencukur untuk menghilangkan bulu ketiak. Selain karena tidak menyakitkan, cara mencukur bulu ketiak pun lebih mudah dilakukan.

Saat mencukur, umumnya alat yang digunakan adalah pisau cukur manual atau alat pencukur listrik. Mencukur dengan alat perlu dilakukan rutin karena akar rambut tidak hilang selama proses pencukuran. Kekurangan menghilangkan menghilangkan bulu  dengan mencukur  adalah munculnya noda gelap di kulit.

Berikut ini cara mencukur bulu ketiak yang benar agar tidak meninggalkan noda gelap di kulit dikutip dari dove.com pada Kamis (4/1/2024):

1.  Pilih alat cukur yang tepat

Pemilihan alat cukur untuk bulu ketiak perlu dilakukan dengan teliti.  Bulu ketiak tumbuh di area atas, bawah,  dan di berbagai area ketiak.

Agar mudah, coba pilih pisau cukur dengan pisau di satu sisi. Agar mata pisau di sisi lain tidak menggores bagian kulit. Gerakkan pisau cukur dengan gerakan lembut agar meminimalkan iritasi dan mencegah tumbuhnya bulu di dalam kulit.

2. Bersihkan area ketiak sebelum mencukur

Cara mencukur bulu ketiak yang benar adalah dengan menerapkan 4 langkah. Pertama bersihkan ketiak secara mendalam, beri pelembap, cukur dengan alat yang tepat, dan rawat setelah mencukur dengan deodoran khusus.

Proses pertama yang sangat penting adalah membersihkan ketiak sehingga sel-sel kulit mati terangkat dengan sempurna. Beberapa hari sebelum bercukur, coba lakukan eksfoliasi kulit ketiak dengan bahan lembut. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit akan bersih sehingga mudah dicukur. Selain itu bakteri di kulit akan hilang sehingga bau badan pun teratasi.

3. Lindungi ketiak dengan pelembap untuk mencegah iritasi

Saat mencukur ketiak, oleskan pelembap dalam bentuk gel atau krim untuk perlindungan kulit. Umumnya produk ini dibuat dari bahan yang aman untuk kulit ketiak. Pelembap berfungsi untuk menjaga kulit saat proses pencukuran berlangsung, menjadikan proses mencukur lebih praktis, cepat, dan mudah dibanding hanya memakai busa sabun biasa.

Agar efektif, perhatikan juga cara bercukur yang benar. Posisikan lenganmu terentang dengan kencang. Hal ini untuk mencegah adanya lipatan di ketiak yang mengganggu pencukuran. Lalu, gerakkan pisau cukur ke area atas, bawah, dan samping dengan gerakan searah agar bulu tercukur sempurna.

4.  Aplikasikan pelembap atau minyak sebelum mencukur

Cara mencukur bulu ketiak yang benar berikutnya adalah aplikasikan virgin coconut oil  atau zaitun oil untuk melembapkan kulit. Pilihan lainnya  adalah menggunakan bahan grapeseed oil atau tea tree oil.

Bahan-bahan ini berfungsi menjaga area ketiak tetap lembap dan tak kering. Sehingga tidak mudah mengalami iritasi.

5. Mencukur di malam hari

Pilih waktu mencukur di malam hari. Keringat yang terlalu banyak bisa mengganggu proses bercukur. Sehingga agar terasa lebih nyaman, coba lakukan di malam hari. Karena pada malam hari, keringat lebih sedikit muncul. Begitu juga hindari mencukur di  saat sebelum atau sesudah olahraga.

6. Gunakan produk deodoran khusus

Setelah mencukur, kamu bisa memilih produk deodoran khusus yang merawat kulit ketiakmu. Agar terhindar dari ketiak  menghitam, gunakan deodoran khusus yang menjaga ketiak kering, bebas bau badan, sekaligus mempertahankan  agar warna kulit tetap rata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya