SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita mengalami kelelahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak memburuk menjadi depresi, ketahui cara mengatasi dan melawan baby blues syndrome yang menghinggapi ibu baru melahirkan. Simak ulasannya di tips parenting kali ini.

Sebaiknya pahami dulu pengertian mengenai baby blues sebelum Anda melangkah lebih lanjut untuk mencari tahu cara mengatasi kondisi ini. Baby blues umumnya berkaitan dengan aneka perubahan suasana hati (mood) sehari-hari yang datang setelah kelahiran bayi.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Melansir dari laman Mayo Clinic, baby blues biasanya dimulai sejak 2-3 hari pertama setelah melahirkan hingga sekitar dua minggu setelahnya.  American Pregnancy Association menyebutkan sekitar 70-80 persen ibu yang baru melahirkan mengalami baby blues.

Jika tidak segera dicari cara mengatasi baby blues syndrome, kondisi ini bisa saja berkembang menjadi kondisi yang lebih parah yakni depresi pasca melahirkan (depresi postparum).

Sayangnya, tidak sedikit ibu baru yang kebingungan dan bahkan tidak mengetahui dirinya mengalami hal ini.  Padahal, menceritakan kondisi Anda kepada pasangan, orang terdekat, atau keluarga, setidaknya dapat menjadi salah satu upaya terbaik untuk mengatasi baby blues.

Dikutip dari laman hellosehat.com pada Rabu (6/9/2023), berikut ini cara tepat untuk mengatasi baby blues dari sisi istri:

1. Penuhi kebutuhan makanan harian

Selain disibukkan dengan kewajiban mengurus bayi, Anda sebagai istri dan ibu tetap tidak boleh melupakan pentingnya mendapatkan asupan makanan yang cukup setiap harinya. Memenuhi kebutuhan zat gizi dari makanan sehari-hari penting untuk mengubah suasana hati (mood) menjadi lebih baik.

Bahkan, asupan makanan ibu menyusui yang beragam ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda.

2. Berjalan-jalan ke luar rumah

Salah satu cara untuk mengatasi baby blues syndrome yakni dengan meninggalkan kebiasaan menyusui, mengganti popok bayi, maupun aktivitas lain yang berkaitan dengan si kecil untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, Anda bisa pergi ke luar rumah sejenak untuk mencari udara segar atau membebaskan pikiran.

3. Minta bantuan dari orang-orang terdekat

Anda tidak mungkin meninggalkan si kecil di rumah sendiri tanpa bantuan dari orang-orang terdekat, entah suami atau keluarga.  Jadi, sebelum mencari suasana baru untuk membantu mengatasi rasa lelah, coba sampaikan kondisi Anda dan mintalah orang terdekat untuk membantu menjaga dan mengurus bayi.

4. Hindari minum alkohol

Jika Anda pikir minum minuman beralkohol setelah melahirkan atau di masa menyusui dapat membantu mengatasi baby blues, sebaiknya hindari hal tersebut.

Minum alkohol tidak dapat membantu mengatasi kondisi baby blues Anda. Bukannya mengatasi, alkohol justru dapat memengaruhi suasana hati (mood) sehingga membuat kondisi baby blues Anda semakin memburuk.

Lebih parahnya lagi, Anda bisa saja semakin sulit untuk melakukan perawatan bayi baru lahir di masa nifas ini.

5. Beri diri Anda waktu untuk beradaptasi

Menjadi ibu baru memang bukan pekerjaan yang mudah.  Jadi, tidak ada salahnya untuk memberi diri Anda waktu guna memulihkan kondisi fisik dan mental setelah melahirkan sebagai cara mengatasi baby blues. Anda juga bisa menjadikan masa ini untuk lebih beradaptasi dengan rutinitas sebagai ibu baru.

Sedangkan bagi suami, ada beberapa cara yang bisa suami lakukan untuk membantu istri saat mengatasi baby blues yakni:

1. Menjadi teman cerita istri

Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk keluhan-keluhan yang istri Anda sampaikan. Matikan TV dan tutup smartphone atau laptop Anda kemudian bicara dari hati ke hati dengan istri.

Selanjutnya, coba duduk berdua dan ajak istri untuk bicara.  Ketika berbicara lihatlah matanya dan jangan melakukan perdebatan-perdebatan kurang penting.

Bukannya menerapkan cara mengatasi baby blues, perdebatan justru bisa memperburuk kondisi yang dialami istri Anda.

2. Pastikan istri mendapat asupan makanan bergizi

Cara berikutnya untuk mengatasi baby blues istri, suami dapat memastikan asupan makanan bergizi sang istri. Kadang, baby blues dapat membuat ibu malas makan.  Padahal, tidak makan dapat membuat ibu kehilangan banyak energi dan berbagai zat gizi penting lainnya yang sebenarnya dibutuhkan setelah melahirkan atau selama menyusui.

3. Ajak istri jalan ke luar rumah untuk menikmati udara segar

Sehari-hari berhadapan dengan popok bayi dan menyusui ASI eksklusif mungkin akan membuat istri bosan, apalagi jika dilakukan terus menerus di rumah.   Itu sebabnya, tidak ada salahnya untuk mengajak istri Anda jalan-jalan ke luar rumah guna membantu mengatasi baby blues yang dialaminya.

Manfaat lain mengajak istri pergi ke luar juga bisa sebagai bentuk quality time setelah Anda berdua memiliki anak.  Pilihan lainnya untuk mengatasi hal ini, sesekali Anda juga bisa megizinkan istri untuk pergi ke luar rumah sebentar sekadar mencari udara segar.

Sebagai gantinya, Anda bisa sementara waktu berada di rumah menjaga si kecil. Meski terlihat sepele, tapi ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi baby blues.

4. Bantu pekerjaan rumah yang biasa dilakukan istri

Sebagai bentuk bantuan untuk istri dalam mengatasi baby blues, suami bisa lakukan dengan meringankan “beban pekerjaan” istri saat di rumah.  Ambil alih pekerjaan istri Anda dengan melakukan beberapa pekerjaan rumahnya.  Anda bisa menyapu dan mengepel lantai, sedangkan istri mencuci piring.

5. Memberikan dukungan penuh dan ajak istri mengenal lebih jauh keadaannya

Ternyata, ada beberapa perkataan baik yang bisa membuat istri merasa semakin buruk jika Anda mengatakannya saat ia mengalami baby blues.  Jadi, Anda mungkin tidak bisa sembarang berbicara saat istri sedang dalam masa mengatasi baby blues.



Ada berbagai perkataan yang sebaiknya disampaikan saat istri mengalami baby blues jika ingin mengatasi kondisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya