SOLOPOS.COM - Ilustrasi cambang (Hellosehat)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini cara menumbuhkan cambang agar pria terlihat lebih maskulin.

Selain kumis dan jenggot, cambang juga bisa menjadi lambang maskulinitas pada pria. Alhasil, tidak heran jika banyak pria yang ingin mengetahui cara menumbuhkan cambang yang ampuh.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Sama halnya dengan pertumbuhan jenggot dan kumis, cambang akan mulai terlihat setelah pria melewati masa pubertas, yakni sekitar usia 18 tahun atau lebih.

Banyak pria ingin punya cambang yang lebat karena menganggapnya sebagai tanda kedewasaan pada pria. Sayangnya, mungkin tidak semua pria bisa memilikinya.

Meski begitu, ada beberapa cara menumbuhkan cambang secara alami dan medis yang masih dapat kamu usahakan seperti berikut, seperti dikutip dari Hellosehat.

 

  1. Biarkan cambang tumbuh

Salah satu cara sederhana untuk membuat cambang makin lebat yakni dengan membiarkannya. Jangan mencukur rambut-rambut halus yang tumbuh pada area sekitar pipi kamu. Sembari itu, kamu perlu memahami bagaimana cara merawat wajah pria yang baik.

American Academy of Dermatology menyarankan pria untuk mencuci wajah dan melakukan eksfoliasi rutin. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang bisa menghambat tumbuhnya cambang.

Pada dasarnya, kamu perlu bersabar untuk melihat rambut wajah tumbuh secara alami, baik itu jenggot atau cambang. Jadi, jangan berkecil hati bila kamu tidak segera melihat hasilnya.

 

  1. Terapkan pola makan sehat

Konsumsi makanan yang kaya zat gizi penting, seperti protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, dan magnesium, dapat membantu merangsang pertumbuhan cambang.

Para ahli juga menyarankan kamu untuk memenuhi asupan zat gizi yang penting untuk rambut, termasuk biotin (vitamin B7) serta asam lemak omega-3 dan omega-6.

Pasalnya, kekurangan biotin memang terbukti terkait dengan meningkatnya kerontokan rambut.

Asupan omega-3 dan omega-6, baik dari makanan atau suplemen, juga membantu mengurangi kerontokan sekaligus membuat rambut menjadi lebih lebat.

 

  1. Olahraga secara rutin

Cara sederhana menumbuhkan cambang secara alami lainnya yakni dengan berolahraga rutin. Olahraga aerobik, seperti jogging, lari, atau bersepeda, bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel (tempat tumbuhnya rambut) pada wajah. Hal ini inilah yang merangsang pertumbuhan cambang.

Selain itu, latihan kekuatan otot, misalnya dengan angkat beban, membantu meningkatkan kadar testosteron yang memengaruhi tumbuhnya rambut wajah.

 

  1. Berhenti merokok

Sebuah penelitian dalam International Journal of Trichology (2022) menyebutkan adanya kaitan antara merokok dan kebotakan pada pria yang disebut androgenetic alopecia.

Asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak DNA pada folikel rambut.

Selain itu, merokok juga bisa memicu vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Hal ini bisa menghambat sirkulasi darah ke wajah yang penting untuk menumbuhkan cambang.

Dengan begitu, berhenti merokok berpotensi mendukung tumbuhnya cambang serta rambut wajah lain supaya menjadi lebih optimal.

 

  1. Kelola stres dengan baik

Tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal inilah yang pada gilirannya bisa memengaruhi pertumbuhan cambang pada pria.

Cobalah untuk mengelola stres kamu dengan cara-cara sederhana, seperti berjalan-jalan, berendam air hangat, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai.

Kamu juga bisa mengontrol stres dengan tidur cukup. Menurut Sleep Foundation, orang dewasa perlu mencukupi waktu tidur selama tujuh jam atau lebih dalam sehari.

 

  1. Oleskan minyak alami

Beberapa pria juga menumbuhkan cambang dengan cara mengoleskan minyak alami, misalnya  minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak pohon teh (tea tree oil).

Sebuah studi pada objek tikus dalam jurnal PLoS One (2015) menunjukkan minyak zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini yang dipercaya juga berpotensi pada manusia.

Untuk memakainya, cukup oleskan minyak ke bagian cambang dan pijat dengan lembut. Biarkan minyak meresap ke kulit selama beberapa jam sebelum membilasnya.

 

  1. Konsultasi dokter

Jika kamu tidak melihat hasil yang memuaskan setelah mencoba berbagai cara menumbuhkan cambang di atas, coba konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan.

Sebelum meresepkan pengobatan, dokter akan melakukan tes laboratorium, seperti mengecek kadar testosteron yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut wajah.

Kemudian, dokter dapat meresepkan obat-obatan yang aman, seperti minoxidil dan finasteride, untuk merangsang pertumbuhan rambut, termasuk cambang.

Di samping itu, dokter juga bisa memberikan saran lebih lanjut mengenai perawatan medis lain, seperti terapi hormon atau transplantasi rambut.

Perlu diingat bahwa keampuhan cara di atas berbeda pada setiap orang. Tumbuhnya cambang pada pria mungkin dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon.

Jika kamu mengalami kondisi medis atau riwayat keluarga yang memengaruhi pertumbuhan rambut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba metode apa pun.

Demikian cara menumbuhkan cambang agar pria terlihat lebih maskulin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya