SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyalakan kipas angin. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kamar yang panas saat musim kemarau panjang tentu bikin acara tidur menjadi tidak nyaman, karena itu ketahui cara mudah untuk mendinginkannya sekali pun tanpa AC. Simak ulasannya di tips rumah kali ini.

Cuaca panas tak hanya terasa saat berada di luar ruangan. Saat berada di dalam ruangan pun, kita dapat merasakan dampak dari cuaca panas menyengat, terutama jika ruangan tanpa AC.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jika rumah Anda tidak didesain dengan atap tinggi, tentu cuaca panas bikin para penghuni makin gerah sekali pun berada di dalam rumah. Padahal setiap orang tentu menginginkan istirahat yang nyaman. Akan tetapi, dapatkah Anda beristirahat jika suhu di dalam kamar terasa panas dan pengap?

Berikut ini sejumlah cara mendinginkan kamar yang panas tanpa menggunakan AC dikutip dari mandalapilar.com pada Sabtu (14/10/2023):

1. Matikan Lampu

Salah satu solusi ruangan panas adalah mematikan lampu. Seperti yang kami jelaskan di atas, lampu adalah salah satu sumber panas. Saat tidur memang sebaiknya Anda mematikan lampu agar udara di dalam kamar lebih sejuk.

2. Tutup Tirai

Cara berikutnya untuk mendinginkan udara di dalam kamar yang panas adalah dengan menutup tirai. Hawa panas di kamar bisa disebabkan oleh sinar matahari yang masuk ke dalam kamar melalui jendela. Tutup tirai Anda untuk menghalau sinar matahari masuk ke kamar. Jika Anda ingin membuka jendelanya silakan saja, tapi tutup dengan tirai.

3. Ganti Sprei dan Bantal

Jika kamar Anda tidak menggunakan AC dan tidak terdapat ventilasi di dalamnya, maka Anda bisa menyiasati dengan mengganti sprei dan bantal. Pilih sprei yang terbuat dari kain viscose atau katun karena kedua jenis kain ini bisa memberikan rasa adem untuk Anda. Di samping itu, ganti juga bantal lama dengan bantal buckwheat atau kulit ari gandum. Pasalnya, kulit gandum memiliki ruang udara alami.

4. Basahi Lantai dan Buka Jendela

Meskipun nampak mustahil, cara mendinginkan kamar yang panas dengan metode sederhana ini bisa Anda coba. Basahi lantai di kamar untuk memberikan hawa sejuk di kamar. Air dapat menurunkan suhu di dalam ruangan. Selain itu, bukalah jendela di kamar Anda dan biarkan udara masuk. Pada malam hari tutup tirainya agar tidak ada nyamuk yang masuk ke kamar.

5. Ubah Warna Dinding Kamar

Jika rumah Anda menggunakan atap seng dan Anda tidak bisa menemukan cara meredam panas atap seng, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih warna cat kamar agar tidak panas.

Cara mengatasi dinding panas adalah dengan memilih warna cat yang tidak terlalu gelap. Warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, atau biru justru membuat kamar terasa panas.

6. Pasang Kipas Angin

Bila Anda merasa AC terlalu mahal, maka belilah kipas angin yang sekiranya cukup untuk mengedarkan udara sejuk ke seluruh kamar Anda. Kipas angin adalah cara membuat kamar menjadi lebih dingin dan cara yang paling tepat, karena jika suatu saat Anda pindah rumah atau pindah dari tempat indekos tersebut, kipas anginnya bisa langsung dibawa dan tidak perlu repot-repot melepas AC.

7. Buat Pendingin Udara Sendiri

Cara berikutnya untuk mendinginkan kamar yang panas adalah bikin pendingin udara sendiri. Eksperimen sederhana yang satu ini bisa Anda coba jika sudah benar-benar tidak tahan dengan hawa panas di kamar. Untuk membuat pendingin udara sendiri, Anda membutuhkan gelas berisi es batu, garam, dan kipas angin meja. Anda juga bisa menggunakan dua botol air mineral berisi air yang sudah dibekukan.

Selanjutnya, letakkan es batu atau air beku di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin dengan mode putar paling rendah. Angin dari kipas akan menghembuskan suhu dingin dari es ke seluruh ruangan sehingga kamar Anda jadi lebih sejuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya