SOLOPOS.COM - Ilustrasi lidah sakit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui cara mengobati lidah yang sakit cukup di rumah saja. Meski bukan hal berat, namun hal ini bisa sangat mengganggu.  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Penyebab lidah sakit beragam, salah satunya bisa merupakan salah satu gejala sariawan. Penyebab lainnya saat sedang makan, terkadang tanpa sengaja lidah atau bibir tergigit oleh gigi. Hal ini membuatnya menjadi terluka sehingga membutuhkan beberapa waktu untuk sembuh.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lidah yang sakit sebenarnya bukanlah sebuah kekhawatiran, namun mungkin akan sulit untuk mengabaikan rasa sakitnya. Mengikuti rasa sakitnya, lidah mungkin disertai dengan tonjolan kecil, pola putih atau merah atau area yang menonjol, pembengkakan, dan sensasi terbakar.

Dikutip dari healthline.com pada Sabtu (2/3/2024), sebagian besar penyebab lidah yang sakit, seperti luka bakteri, pembengkakan pada pembuluh rasa, dan cedera mulut, dapat diobati di rumah. Pengobatan di rumah juga dapat membantu meredakan lidah yang sakit akibat kondisi medis yang lebih serius, seperti sindrom mulut terbakar atau sariawan oral, sebagai bagian dari rencana pengobatan medis.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati lidah yang sakit meliputi:

1. Jaga kebersihan mulut

Membersihkan gigi dengan sikat gigi yang lembut, menggunakan benang gigi, dan menggunakan obat kumur dapat membantu mengatasi lidah yang sakit dan mencegah infeksi. Anda mungkin juga mendapati bahwa menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung natrium lauril sulfat membantu meredakan rasa sakit.

2. Gunakan lidah buaya

Cara berikutnya untuk mengobati lidah yang sakit cukup di rumah saja yaitu memakai lidah buaya. Lidah buaya dikenal kemampuannya untuk menenangkan kulit. Hal ini juga berlaku pada lidah. Anda dapat berkumur dengan jus lidah buaya beberapa kali per harinya.

3. Baking soda

Untuk sakit dan bengkak pada lidah cobalah berkumur dengan campuran air hangat dengan baking soda sebanyak 1 sdt untuk 1/2 cangkir air. Anda juga dapat membuat pasta dari baking sodan dan air lalu mengaplikasikannya pada area yang sakit.

4. Air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara lain untuk mengobati rasa sakit lidah, peradangan, dan mencegah infeksi. Campurkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat, ratakan di sekitar mulut, berkumur, dan keluarkan.

5. Madu

Madu merupakan antibakteri alami dan terbukti efektif dalam mengobati beberapa jenis luka. Anda dapat mengoleskan sedikit madu langsung pada area yang sakit beberapa kali sehari atau minum teh hangat dengan madu.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa mungkin dapat membantu menyembuhkan lidah yang sakit karena sifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virusnya. Oleskan minyak langsung pada area yang sakit dengan kapas, gosok secara lembut. Atau Anda dapat berkumur-kumur dengan minyak tersebut di mulut dan meludahkannya, ini disebut oil pulling.

7. Es, permen es, dan air dingin

Cara berikutnya mengobati lidah yang sakit yaitu mengonsumsi es atau air dingin. Es memiliki sifat mati rasa, jadi minum air es dingin atau menghisap es batu atau permen es dapat membantu meredakan sebagian rasa sakit pada lidah, termasuk rasa sakit yang disebabkan oleh mulut kering atau mulut terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya