SOLOPOS.COM - Sop merupakan salah satu menu sahur sehat dan praktis untuk anak indekos. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi anak indekos menyiapkan menu sahur yang sehat dan praktis tentu jadi tantangan tersendiri saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Karena paling gampang sih memang makan mi instan atau membeli makanan jadi.

Namun perlu diingat saat membeli makanan jadi ada sejumlah risiko misalnya menyangkut faktor kebersihan dan nilai gizi. Nah agar tidak galau simak ulasannya di tips sahur sehat untuk puasa Ramadan kali ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berikut ini sejumlah menu makanan saat sahur yang sehat, praktis, dan ekonomis untuk anak indekos seperti dikutip dari hellosehat.com pada Kamis (7/4/202):

1. Nasi dan telur

Nasi dan telur merupakan salah satu menu sahur sehat dan praktis yang cocok untuk anak indekos. Walaupun simpel, jangan anggap remeh menu populer ini. Nasi punya karbohidrat yang memberi energi pada tubuh. Sementara itu, telur kaya nutrisi protein dan lemak sehat yang akan diubah menjadi cadangan energi ketika karbohidrat sudah menipis.

Baca Juga: Bolehkah Sahur Hanya dengan Minum Air Putih?

Telur juga termasuk bahan yang gampang diolah. Anda bisa memasak telur menjadi telur mata sapi, telur orak-arik, atau omelet dengan tambahan keju dan cacahan sayur untuk menambah nilai nutrisinya.

2. Sereal dan susu

Sereal bisa menjadi menu sahur darurat untuk anak kos yang telat bangun pagi. Cukup campurkan sereal dengan segelas susu hangat, dan menu sahur Anda siap disantap. Meski praktis, menu sahur ini dapat memberikan tubuh Anda energi dan serat.

Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan produk sereal mengandung banyak gula. Jadi, pilihlah sereal dengan kandungan gula per sajian kurang dari lima gram dan serat lebih dari tiga gram. Batasi porsinya dan jangan mengonsumsinya setiap hari.

3. Sup sayuran

Sup sayuran adalah menu sahur sehat dan praktis untuk anak indekos yang ingin makan lebih banyak serat. Menu ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, serta cairan yang akan mencegah Anda terkena dehidrasi saat berpuasa.

Baca Juga: Dokter Gizi Tak Sarankan Sahur Lebih Awal, Ini Penjelasannya

Sebelum tidur, masaklah kaldu, aneka sayuran favorit, dan bumbu untuk menambah cita rasa. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam, daging sapi, telur puyuh, atau sumber protein lain untuk mendapat asupan energi dari zat gizi protein.

4. Capcay

Seperti sup sayuran, capcay juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, dan mencegah susah BAB selama berpuasa.

Capcay juga alternatif untuk Anda yang suka masakan gurih, tapi ingin mengurangi konsumsi minyak. Agar olahan satu ini lebih menyehatkan, Anda dapat mengganti minyak sayur dengan minyak kedelai, minyak jagung, atau cooking spray.

5. Pasta

Pasta termasuk menu sahur sehat dan praktis untuk anak indekos karena mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat sekaligus. Menu serbaguna ini dapat diolah dengan hampir segala macam bahan makanan yang tersedia di dapur Anda.

Baca Juga:  Viral Manfaat Minum Oralit Saat Sahur, Amankah?

Namun, kebanyakan pasta instan tinggi gula sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan. Jika memungkinkan, pilihlah pasta dari gandum utuh yang bisa membantu menahan lapar, mengontrol gula darah, dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

6. Oatmeal dan buah-buahan

Oat termasuk biji-bijian yang paling menyehatkan. Makanan ini kaya karbohidrat, protein, dan serat, tapi rendah kalori. Oat juga memiliki vitamin B kompleks dan belasan mineral sehingga menjadi salah satu makanan padat nutrisi.

Anda dapat mengolah oat menjadi hidangan manis dengan menambah madu, yogurt, atau buah. Bila Anda bosan dengan oatmeal manis, makanan ini juga bisa dimasak dengan kaldu dan ditambahkan telur mata sapi, keju, atau potongan jamur.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat Makan Sahur ala Rasulullah

7. Sandwich dari roti gandum

Ketika Anda hanya punya sedikit waktu untuk memasak, sandwich bisa jadi pilihan. Makanan praktis dan sehat asal Inggris ini mengandung karbohidrat dari roti, protein dan lemak dari daging, serta vitamin dan mineral dari daun selada.  Jadikan sandwich lebih sehat dengan penggunaan roti gandum kaya serat serta penambahan selembar keju. Tidak hanya lezat, menu sahur untuk anak kos ini juga akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga puasa tetap terasa nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya