SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernik-pernik Imlek. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tahun baru Imlek di 2023 jatuh pada Minggu (22/1/2023), ketahui sejumlah pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan saat Tahun Baru China ini.  Imlek umumnya menjadi waktu untuk memanjatkan doa kepada para dewa dan leluhur, demi meraih kehidupan yang makmur dan penuh suka cita.

Dilansir dari China Highlights, sejarah perayaan Imlek  itu bermula dari Dinasti Shang (1600–1046 SM).  Saat itu masyarakat Tionghoa mengadakan suatu upacara pengorbanan untuk menghormati dewa dan leluhur di awal atau akhir setiap tahun. Tak hanya itu, di Dinasti Wei dan Jin (220–420), selain menyembah dewa dan leluhur, orang Tionghoa juga merayakan waktu Imlek dengan menghibur diri.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Mereka akan merayakan momen spesial ini dengan berkumpul bersama keluarga, baik untuk membersihkan rumah, makan malam, hingga begadang di malam tahun baru. Di samping itu, Imlek juga dipenuhi dengan simbol-simbol unik serta berbagai mitos mengenai apa saja hal yang harus dilakukan dan apa saja yang menjadi dilarang.

Melansir Boldsky.com dan Bisnis.com pada Sabtu (7/1/2023), masyarakat Tionghoa meyakini bahwa mereka harus menghindari beberapa sejumlah pantangan berikut saat Imlek:

1. Mengonsumsi obat

Mengkonsumsi obat pada tahun baru Imlek sangat tidak dianjurkan. Berdasarkan kepercayaan Tionghoa, barangsiapa yang meminum obat di hari Imlek, maka dia akan merasakan sakit di sepanjang tahun. Bahkan di beberapa tempat, mereka akan memecahkan wadah (pot) obat untuk mengusir penyakit di tahun mendatang.

2. Menyeduh jamu

Selain larangan mengonsumsi obat, menyeduh jamu juga menjadi hal yang harus dihindari ketika Imlek. Alasannya sama seperti larangan meminum obat tadi, bagi mereka yang menyeduh jamu ketika tahun baru Imlek, maka mereka akan merasakan sakit di sepanjang tahun.

3. Menyapu lantai

Pantangan berikutnya saat peringatan Imlek adalah menyapu lantai pada hari tahun baru. Sebab menyapu lantai mengisyaratkan Anda membersihkan kekayaan.

4. Membuang sampah

Selain menyapu lantai, orang Tionghoa juga meyakini bahwa membersihkan atau membuang sampah mengisyaratkan bahwa mereka sedang membersihkan keberuntungan yang ada di dalam rumah.

5. Berbicara dengan konteks negatif

Jangan berbicara apapun yang berkonotasi negatif. Hindari berbicara tentang kematian, penyakit, kemiskinan, hantu, dan sebagainya. Oleh karena itu, bicarakan seputar hal-hal yang menggembirakan. Sebab, ucapan akan menjadi doa tersendiri bagi setiap individu.

6. Makan bubur untuk sarapan pagi

Bagi sebagian orang Tionghoa, bubur menjadi simbol makanan untuk orang miskin. Jika Anda mengonsumsi bubur pada hari ini, Anda juga akan mengonsumsinya sepanjang tahun mendatang.

7. Konsumsi daging untuk sarapan

Tak hanya bubur, mengonsumsi daging sewaktu sarapan ketika Imlek juga menjadi salah satu pantangan. Sebab daging diyakini sebagai simbol atau tanda penghormatan kepada dewa Buddha saat mereka berkumpul pada hari ini untuk saling mengucapkan selamat tahun baru.

8. Mencuci dan memotong rambut

Larangan selanjutnya adalah keramas dan memotong rambut. Mencuci rambut diartikan dengan menghilangkan rejeki. Sedangkan memotong rambut di hari Imlek dipercaya dapat membawa kesialan yang tak terduga.

9. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian sebagai dihindari di hari pertama dan kedua Imlek. Pasalnya, kedua hari tersebut ditetapkan untuk menyembah dewa air. Dengan begitu, mencuci pakaian tidak boleh dilakukan untuk menghormati mereka. Air yang dituangkan setelah mencuci pakaian diibaratkan dengan menuangkan atau menguras kekayaan.

10. Menjahit

Menjahit, termasuk memasang kancing adalah hal yang tidak boleh untuk dilakukan. Jika Anda nekat melakukannya, maka bersiaplah untuk menghadapi hari-hari yang sulit ke depannya.

11. Memakai pisau dan gunting

Pisau dan gunting tidak boleh digunakan karena diyakini dapat menimbulkan pertengkaran antar sesama manusia. Menggunakan kedua alat tajam ini pada hari pertama di tahun baru akan dianggap sebagai ucapan selamat datang untuk pertengkaran di tahun mendatang. Selain itu, menggunakan pisau juga diyakini dapat mengarahkan Anda pada hasil yang tidak menguntungkan dan Anda juga dapat mengalami musibah, yakni kehilangan kekayaan di tahun mendatang.

12. Penggunaan angka 4 dan 40

Pantangan berikutnya saat perayaan Imlek adalah penggunaan angka 4 dan 40. Uang dalam bilangan genap harus diberikan dalam amplop merah. Namun, hindari 4, 40. Sebab, angka 4 mengandung makna kematian.

13. Memberi hadiah jam, gunting dan pir

Sangat tidak diperbolehkan untuk Anda memilih jam, gunting, dan pir, untuk pemberian hadiah. Pasalnya ketiga hal ini memiliki konotasi negatif.

14. Memecahkan mangkok, piring, gelas dan barang lainnya

Memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin ketika Imlek dapat mengakibatkan nasib buruk, kehilangan uang, atau perpecahan keluarga. Jika ada sesuatu yang pecah secara tidak sengaja, orang China harus membungkus pecahan-pecahan itu dengan kertas merah dan kemudian melafalkan mantra Cina.

15. Anak perempuan yang sudah menikah dilarang datang ke rumah orang tuanya

Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya pada tahun baru Imlek. Kunjungan para perempuan yang sudah menikah ke keluarga orang tuanya pada tahun baru Imlek dianggap dapat membawa kesialan bagi orang tuanya dan juga membawa kemiskinan bagi mereka. Seorang putri yang mengunjungi mereka pada hari kedua justru membawa pertanda baik bagi orang tua.

16. Mengeluh

Mengeluh juga merupakan salah satu pantangan saat Imlek. Seorang yang meratap atau mengeluhkan bahwa dirinya sedang dalam kesusahan diyakini dapat menghilangkan semua energi positif dan memicu hadirnya kesialan bagi seluruh penghuni rumah.

17. Datang ke rumah sakit

Kunjungan ke rumah sakit di hari Imlek harus benar-benar dihindari. Sebab, hal ini diyakini dapat membawa penyakit kronis bagi orang yang mengunjungi rumah sakit selama setahun penuh.

18. Meminjam dan meminjamkan uang

Tidak boleh meminjam dan meminjamkan uang ketika Imlek. Jika Anda meminjamkan uang, maka uang Anda akan diblokir, dan seseorang yang berutang uang kepada Anda, maka dia tidak akan pernah mengembalikannya. Selain itu, jangan mengunjungi rumahnya untuk menanyakan uang itu, ini akan menandakan nasib buruk di sepanjang tahun.

19. Pakai pakaian robek

Jangan memakai pakaian yang sobek, terutama dalam dua minggu pertama dimulai dari tahun baru Imlek. Jika dilanggar, ini akan mengundang kesialan bagi pemakainya sepanjang tahun.

20. Penggunaan warna putih dan hitam

Merah dianggap membawa keberuntungan di Tahun Baru. Sedangkan warna putih dan hitam ditabukan karena menandakan berkabung.



21. Melukai hewan

Jika Anda melukai hewan, maka tergores dengan cara apa pun, ini akan menyebabkan kemalangan bagi orang yang melakukannya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Pantangan Saat Imlek, Apa Saja? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya