SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi mentah dalam besek. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Biar enggak salah saat mendapatkan daging kurban di Hari Raya Iduladha, ketahui terlebih dahulu perbedaan daging sapi dan kambing berikut ini. Simak ulasannya di tips memasak sehat kali ini.

Daging sapi dan kambing adalah dua jenis sumber protein hewani yang sering dibagikan saat Hari Raya Iduladha. Namun apakah kamu bisa membedakan kedua jenis sumber protein hewani ini?

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Perbedaan daging sapi dan kambing bisa dilihat dari sejumlah faktor berikut ini seperti dikutip dari an-nur.ac.id pada Kamis (29/6/2023) :

1. Warna Daging

Cara termudah untuk membedakan daging sapi dan daging kambing adalah dengan melihat warna dagingnya. Daging sapi memiliki warna merah yang lebih pucat daripada daging kambing. Selain itu, warna daging sapi akan berubah menjadi cokelat gelap ketika terpapar udara, sedangkan warna daging kambing akan berubah menjadi pucat keunguan.

2. Aroma Daging

Perbedaan daging sapi dan daging kambing juga bisa cukup mudah dikenali dari aromanya. Daging kambing memiliki aroma amis atau prengus yang lebih menyengat daripada daging sapi. Aroma ini disebabkan oleh kandungan asam lemak rantai panjang yang lebih tinggi pada daging kambing.

Aroma ini bisa berkurang jika daging kambing dimasak dengan bumbu-bumbu yang kuat atau direndam dengan bahan-bahan seperti air jeruk nipis, cuka, atau santan.

3. Serat Daging

Perbedaan lainnya adalah dari serat daging. Serat daging adalah struktur jaringan otot yang membentuk tekstur daging. Daging sapi memiliki serat yang lebih kecil dan cenderung tidak terlihat. Sehingga, ketika dipegang, daging sapi akan cenderung lebih halus dan lembut. Sedangkan, daging kambing memiliki serat yang lebih tebal dan cenderung kasar. Sehingga, ketika dimasak, daging kambing akan terasa lebih keras dan sulit empuk.

4. Lemak Daging

Lemak pada daging juga bisa menjadi salah satu pembeda antara daging sapi dan daging kambing. Lemak pada daging sapi terlihat seperti garis putih yang panjang yang memisahkan bagian-bagian otot. Lemak ini bisa memberikan rasa gurih pada daging sapi. Sedangkan, lemak pada daging kambing tidak terlihat seperti garis putih, melainkan tergumpal di beberapa bagian dan tidak merata. Lemak ini bisa memberikan rasa amis pada daging kambing.

5. Nutrisi Daging

Baik daging sapi maupun daging kambing sama-sama mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kandungan proteinnya berbeda. Pada 100 gram daging sapi mentah mengandung sekitar 26 gram protein, sedangkan 100 gram daging kambing mentah mengandung sekitar 20,6 gram protein.

Selain itu, daging sapi juga mengandung lebih banyak zat besi, seng, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 daripada daging kambing3. Namun, daging kambing memiliki kelebihan yaitu mengandung lebih sedikit kalori, lemak jenuh, dan kolesterol daripada daging sapi. Oleh karena itu, kedua jenis daging ini memiliki manfaat dan risiko yang berbeda bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya