SOLOPOS.COM - Ilustrasi menulis surat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat ini sejumlah sekolah tengah mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS dan di akhir kegiatan biasanya peserta diminta menulis surat kesan dan pesan untuk kakak OSIS. Bagi kamu yang bingung simak ulasannya di tips sekolah kali ini untuk inspirasi kamu.

Kegiatan MPLS berisi pengenalan lingkungan sekolah serta program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  sendiri telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Aturan tersebut dikeluarkan untuk menghilangkan stigma negatif tentang pelaksanaan masa orientasi siswa yang terjadi saat ini. Di dalam Permendikbud tersebut, tidak boleh lagi diadakan kegiatan yang berisi atau menjurus kepada perpeloncoan atau kegiatan lain yang akan merugikan peserta didik baru. Selanjutnya, yang bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan ini adalah Kepala Sekolah.

Pada akhir MPLS biasanya para peserta didik baru akan diminta untuk membuat surat kesan dan pesan MPLS untuk kakak OSIS.  Kesan biasanya berisi bagaimana pengalaman kamu selama mengikuti kegiatan tersebut. Sedangkan pesan bisa berupa kritik dan saran agar kegiatan tersebut bisa lebih baik lagi.

Aada baiknya, bagi peserta MPLS yang hendak menulis surat kesan dan pesan MPLS usahakan agar kesan dan pesan untuk kakak senior dan pengurus OSIS berisi kata-kata yang baik dan bikin sejujur mungkin. Berikut ini beberapa contohnya dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (20/7/2023):

1. Contoh kesan dan pesan I

Kesan: Saya sangat senang sekali menjalani MPLS di sekolah ini. Guru dan mentor yang memberikan materi serta semua informasi mengenai sekolah ini sangat jelas dan juga menyenangkan. Saya pun mendapatkan pengalaman yang berharga saat MPLS selama beberapa hari ini.

Pesan: Saya berharap MPLS sekolah ini tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. Konsep acara MPLS sudah baik, tapi akan lebih baik lagi jika diselingi dengan kuis atau games agar suasana menjadi lebih seru.

2. Contoh kesan dan pesan II

Kesan: Selama mengikuti MPLS ini, saya merasa sangat senang karena bisa berkenalan dengan teman baru, guru serta kakak senior dan kakak OSIS  yang membimbing acara MPLS tahun ini.

Pesan: Semoga MPLS di sekolah ini tahun depan bisa lebih kreatif dan penuh dengan kegiatan yang seru dan juga bermanfaat.

3. Contoh kesan dan pesan III

Kesan: Setelah mengikuti MPLS saya menjadi lebih banyak tahu tentang lingkungan serta peraturan di sekolah ini. Saya juga mendapatkan teman-teman baru yang seru. Saya jadi tak sabar untuk mulai sekolah di sekolah ini.

Pesan: Semoga sekolah ini semakin maju dan untuk kakak senior di sekolah ini semoga dapat terus membuat kegiatan yang positif untuk sekolah.

4. Contoh kesan dan pesan IV

Kesan: Kesan saya usai mengikuti MPLS yaitu sangat senang karena bisa bertemu teman baru serta kakak-kakak senior yang baik dan lucu.

Pesan: Saya sangat berterima kasih kepada semua kakak senior yang telah membimbing kami. Semoga semua kayak osis semakin semangat dan lebih baik lagi.

5. Kesan Pesan V

Kesan : Saya senang dapat bertemu dan bergabung dengan kelompok yang kompak dan seru ini. Semoga kita akan terus berteman sampai kapan pun.

Pesan : Untuk kakak OSIS, tambahkan banyak games yang meningkatkan kekompakkan antar kelompok ya!

6. Kesan Pesan VI

Kesan: Tidak terasa, kegiatan MPLS akan segara berakhir. Percayalah Kak, aku akan merindukan kenangan bersama teman baru ini dan semua kakak OSIS yang baik. Jangan lupakan aku ya Kak.

Pesan: Semoga dari kegiatan MPLS ini, kita bisa kenal sampai seterusnya. Jangan sungkan untuk sapa aku ketika bertemu di kantin atau toilet sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya