SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bendera Merah Putih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2023, biasanya diadakan upacara bendera dan salah satu acaranya adalah pembacaan doa yang contoh teksnya ada di bawah ini.

Setiap 20 Mei, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal dengan Harkitnas. Secara historis, Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Kala itu, 9 Mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) mendirikan Budi Utomo untuk memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi kaum pribumi atau rakyat jelata agar mendapat hak mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum priyayi atau elite. Budi Utomo kemudian melahirkan tokoh-tokoh sejarah seperti Goenawan Mangoenkoesoemo, Latumeten, dan Soetomo.

Setelah Indonesia merdeka, Presiden RI ke-1, Soekarno menetapkan 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang sekarang hingga 2023 identik dengan penyelenggaraan upacara bendera dan salah satu agendanya pembacaan doa.

Bagi Anda yang belum menyiapkan contoh teks doa Hari Kebangkitan Nasional 2023, berikut ini Solopos.com kutip dari laman resmi Kemendikbud.

Doa Hari Kebangkitan Nasional 2023

Astaghfirullahalaazim….3x

Alhamdulillahirobbil’alamin, Allahumma Sholli aala syaidina Muhammad wa aala syaidina Muhammad.

Yaa Allah Yaa Rohmaan Yaa Rohiim,

Yaa Allah, Dengan kebesaran dan keagungan-Mu, di hari ini,

Engkau telah terbitkan kembali Matahari dengan sinar yang sempurna, agar kami dapat mensyukuri segala karunia dan nikmat-Mu yang tak kunjuung putus.hanya pada-Mu kami menyembah dan hanya pada-Mu kami mohon pertolongan.

Ya Allah Yaa Qodiir, Wahai Tuhan Yang Maha Kuasa

Berkat izin dan ridlo-Mu lah, pada hari ini telah terlaksana upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 dapat berjalan Lancar dan tanpa hambatan apapun.

Wahai Tuhan Yang Maha Mengetahui…..

Dalam peringatan 115 tahun Kebangkitan Nasional ini, bimbinglah kami semua warga negara Indonesia untuk dapat menyatukan hati kami, menyatukan tujuan Kami satu tujuan untuk membangun Bangsa Indonesia maju dan Lebih baik lagi. Satukan Kami dan bangkitkan kami dalam semangat Juang Merah Putih, demi membangun negara kami yang lebih maju adil dan makmur.

Berikan kepada kami petunjukMu atas jalan yang benar dan kemampuan untuk menjalaninya, serta
berikan kepada kami petunjukmu atas jalan yang salah dan kemampuan untuk menjauhinya.

Hindari kami dari sifat dan mudah hasut, agar kami tidak mudah di adu domba dan terpecah belah, sehingga dapat merusak persatuan kami.

Limpahkan kepada kami hikmah kebijakan, agar kami terhindar dari segala bencana alam, yang kami tidak mampu menanggungnya. Curahkan kepada kami hidayah kebenaran, agar kami terhindar dari kesesatan.

Yaa Allah, Yaa Qowiyyu Yaa Matiin

Kami menyadari sepenuhnya bahwa seluruh nikmat yang Engkau anugerahkan kepada kami adalah
nikmat yang telah kami peroleh dengan pengorbanan jiwa dan raga putra-putri pejuang bangsa kami. Oleh karena itu, curahkan dan limpahkanlah kasih sayang dan ridho-mu kepada para pahlawan dan pejuang bangsa kami, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, Kiranya Engkau mengampuni dosa-dosa para pahlawan kami, dan berkenan menerima pengabdian dan darma bakti mereka sebagai syuhada bangsa dan negara kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar

Robbana taqobbal minna innaka anta sami’ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrohim.

Walhamdulillahirobbil aalamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya