SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita berbelanja di supermarket. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan bebas gluten yang bisa Anda santap agar tubuh semakin sehat. Bagi Anda yang memasukkan resolusi gaya hidup sehat pada 2024 ini, simak ulasannya di tips diet sehat kali ini.

Saat ini, penggunaan label bebas gluten adalah opsional pada produk pangan yang dijual di AS. Semua produk yang diberi label bebas gluten harus mengandung kurang dari 20 bagian per juta (ppm) gluten .

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Ambang batas 20 ppm ditetapkan karena hampir mustahil untuk mendeteksi tingkat di bawah ini secara andal. Selain itu, studi tahun 2019 yang diterbitkan di Jurnal Medis Rambam Maimonides menunjukkan bahwa kebanyakan orang dengan penyakit celiac, yang merupakan respons imun terhadap makan gluten, dapat menangani gluten dalam jumlah kecil (<20 ppm) tanpa efek buruk.

Menemukan makanan bebas gluten sebenarnya mudah. Namun bila Anda tak ingin direpotkan dengan kewajiban membaca label makanan, pilihlah bahan pangan alami.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda membeli makanan bebas gluten. Dikutip dari eatingwell.com pada Jumat (19/1/2024), biji-bijian (termasuk roti, pasta, nasi, kerupuk), khususnya biji-bijian utuh, merupakan bagian penting dari pola makan seimbang. Biji-bijian utuh adalah sumber karbohidrat sehat yang baik, memberikan energi untuk membantu Anda menjalani hari.

Kebanyakan biji-bijian mengandung serat tinggi, yang membuat Anda kenyang dan membantu pencernaan. Meskipun banyak biji-bijian mengandung gluten, banyak jenis biji-bijian yang secara alami bebas gluten.

Berikut ini daftar biji-bijian dan makanan sumber pati yang bebas gluten secara alami:

– Beras
– Biji gandum
– Jawawut
– Oat (gunakan oat berlabel “bebas gluten”, karena oat sering kali terkontaminasi silang dengan gandum dan barley)
– Singkong/yuca
– Sorgum
– Tef
– Jagung
– Soba
– Sayuran
– Kentang dan tepung kentang

Jika Anda tidak yakin apakah roti, kerupuk, pasta, dan produk berbahan dasar biji-bijian lainnya bebas gluten, melihat sekilas bahan-bahannya dapat membantu Anda mengetahuinya. Hindari produk makanan yang mengandung bahan-bahan berikut ini, karena TIDAK bebas gluten.

– Gandum
– Bentuk dan varietas gandum lainnya: gandum utuh, dieja, beri gandum, kamut, durum, farro, farina, bulgur, graham, semolina, tepung bromat
– Jelai
– Gandum hitam
– Triticale (persilangan antara gandum hitam dan gandum)
– Malt

Semua sayuran dan buah segar utuh secara alami bebas gluten dan penting untuk memasukkannya ke dalam  daftar makanan diet bebas gluten. Produk ini menghasilkan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan.

Saat membeli sayuran kaleng, belilah sayuran yang dikemas dengan air atau jus alami (biasanya merupakan pilihan yang lebih sehat). Untuk sayuran kering dan yang sudah disiapkan sebelumnya, periksa kembali bahan-bahannya untuk memastikan tidak ada perasa atau zat penstabil yang mengandung gluten.

Kekhawatiran terhadap gluten dalam buah muncul ketika buah tersebut dikalengkan, dikeringkan atau (kecil kemungkinannya tetapi mungkin) dibekukan, karena bahan-bahan yang mengandung gluten dapat ditambahkan selama proses tersebut. Inilah yang harus diwaspadai saat memilih buah dan sayuran bebas gluten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya