SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan deras. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Memasuki musim hujan, ada beberapa penyakit yang rentan muncul dialami masyarakat, kira-kira apa saja?

Sejak akhir Desember 2023, Indonesia memasuki musim hujan dan pada awal 2024, berbagai daerah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan angin.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meskipun begitu, curah hujan di sebagian wilayah di Indonesia pun cukup rendah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan curah hujan rendah di beberapa daerah ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino. El Nino kali ini diramalkan akan terjadi lebih lama, yakni sebelumnya hingga Februari 2024, menjadi April 2024.

Akan tetapi, Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Eddy Hermawan, mengatakan musim hujan kemungkinan hanya sampai akhir Januari 2024 akibat direndam oleh fenomena El Nino moderat yang kini masih eksis.

Terkait musim hujan ini, masyarakat juga harus waspada karena ada beberapa penyakit yang rentan muncul di kondisi tersebut. Mengutip laman resmi Kemenkes dan Dinas Kesehatan DI Yogyakarta, berikut ini beberapa penyakit yang rentan muncul di musim hujan.

Penyakit di Musim Hujan

1. Influenza

Influenza atau flu ini disebabkan oleh infeksi virus influenza A, B, atau C dan menyerang pernapasan seseorang. Penyakit ini menimbuklan gejala, yakni batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam, hingga sakit kepala.

2. Diare

Penyakit yang juga rentan muncul di musim hujan adalah diare yang ditandai dengan frekuensi buang air besar meningkat dibandingkan biasanya. Secara umum, diare disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun parasit.

3. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Musim hujan juga membuat seseorang rentan terkena penyakit DBD yang disebabkan oleh virus dari nyamuk. Ketika musim hujan, nyamuk berkembang biak, termasuk nyamuk penyebab DBD. Salah satu gejala yang kerap muncul dari penyakit DBD adalah demam disertai tanda kemerahan di kulit.

4. Penyakit Kulit

Di musim hujan, seseorang juga rentan terkena penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal pada kulit. Hal ini biasanya dikarenakan paparan bakteri maupun jamur yang kebanyakan menyerang di area lipatan tubuh, yakni selangkangan, ketiak, maupun payudara.

5. Leptospirosis

Terakhir, penyakit yang rentan muncul di musim hujan adalah leptospirosis. Penyakit satu ini disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans. Bakteri ini biasanya menular lewat urine atau darah hewan yang terinfeksi bekteri tersebut, seperti tikus.

Salah satu penularan penyakit tersebut yaitu melalui kencing tikus, baik secara langsung maupun melalui aliran banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya