SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah fakta dari  Covid-19 XBB.1.16 yang dijuluki sebagai Arcturus, salah satunya merupakan varian terbaru dari Covid-19. Kasus varian baru Covid-19 ini telah ditemukan di Indonesia. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sub-varian Omicron ini ditemukan di berbagai negara termasuk India. Kasus Covid-19 di India dilaporkan melonjak naik karena varian ini. Dilansir dari BBC, banyak kota di India mengalami peningkatan kasus yang tajam dalam beberapa pekan terakhir. Menurut data pemerintah, India mencatat ada hampir 6.000 kasus baru pada hari Minggu (9/4/2023) dan jumlah kasus aktifnya adalah 35.000 kasus.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dikutip dari Bisnis.com pada Sabtu (15/4/2023), kasus Covid-19 yang meningkat adalah kasus pada anak di bawah 12 tahun. Namun, lonjakan kasus tersebut tidak menyebabkan peningkatan rawat inap. Naiknya jumlah kasus Covid-19 ini pun membuat India mewajibkan pemakaian masker lagi. Melansir Fortune, XBB.1.16 atau Arcturus ini merupakan rekombinan dari dua keturunan BA.2 yang disebut stealth Omicron.

Fakta menarik berikutnya sebuah studi pracetak yang diperbarui dari para ilmuwan di Universitas Tokyo menunjukkan bahwa Covid-19 Arcturus tersebut menyebar sekitar 1,17 hingga 1,27 kali lebih efisien daripada XBB.1 dan XBB.1.15 atau dikenal sebagai ‘Kraken’ yang saat ini mendominasi kasus di Amerika Serikat. Peneliti menuliskan bahwa peningkatan kemampuan Arcturus untuk melampaui varian lain menunjukkan bahwa varian ini akan menyebar ke seluruh dunia dalam waktu dekat.

Mereka juga menambahkan bahwa varian tersebut sangat resisten terhadap antibodi dari berbagai varian Covid-19, termasuk stealth Omicron BA.2 dan BA.5, yang melonjak secara global tahun lalu. Artinya, kasus Covid-19 dapat meningkat di daerah yang baru-baru ini mengalami peningkatan infeksi Covid-19, terutama jika infeksi tersebut berasal dari BA.2, BA.5, atau turunannya.

Melansir dari India Times, fakta lainnya dari Covid-19 Arcturus ini menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Namun, orang yang terpapar varian virus ini dapat dirawat dan dikelola di rumah. Kepala Perawatan Kritis dan Pulmonologi Rumah Sakit CK Birla Kuldeep Grover mengatakan bahwa gejala dari varian Arcturus sebagian besar mirip flu ringan. Sebagian orang mungkin mengalami gejala pada saluran pernapasan.

Berikut gejala-gejala yang harus diperhatikan sehingga dapat melakukan tes Covid-19 jika mengalaminya:

1. Anak-anak:

– Suhu badan tinggi

– Pilek

– Batuk

– Diare yang tidak bernanah

– Konjungtivitis gatal

– Mata lengket

2. Orang dewasa:

– Pilek

– Sakit tenggorokan bagian atas

– Demam yang meningkat perlahan selama satu atau dua hari

– Kehilangan penciuman

– Batuk parah

– Bronkitis

Orang yang telah divaksinasi dan terpapar infeksi alami selama pandemi Covid-19 mengembangkan kekebalan yang kuat terhadap virus yang disebut kekebalan hibrida. Menurut  Grover, dalam kekebalan hibrida, tubuh mengembangkan antibodi yang melawan mutasi virus. Hal ini dapat dilihat dalam kasus Covid-19 yang meningkat, tetapi jumlah rawat inap tidak melonjak naik.

Walaupun memiliki kekebalan hibrida, masyarakat tetap disarankan untuk mengikuti protokol terkait Covid-19, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari pertemuan sosial untuk mencegah penyebaran virus apa pun. Orang dengan gejala seperti batuk dan pilek sebaiknya menghindari pertemuan dengan orang lain.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Fakta- fakta Covid Varian Arcturus Pemicu Kasus Melonjak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya